Pungky : Srikandi Blogger Misterius

By Selasa, Februari 18, 2014 ,

Pungky Febriyani 'Prayitno', di mata saya, pemilik blog Mo Cuishle ini adalah blogger yang misterius. Lahir di Purwokerto, 23 tahun silam, dan telah memiliki putra mungil bernama Sujiwo. Misterius, peduli dunia anak, dan amajing XD.

Sebenarnya sudah lama saya menjadikan blognya sebagai blog list untuk rutin dikunjungi. Dulu, seingat saya, nama blog-nya bukan Mo Cuishle, melainkan Galaksi Pungky. Ketika semangat blog saya kembali datang, saya buka blog mbak Pungky lagi dan banyak yang berubah. Sekarang sudah jadi ibu dan sudah menerbitkan satu buku berjudul Peri-Peri Bersayap Pelangi.

Berbeda dengan blog Evita yang pernah saya bahas sebelumnya, blog mbak Pungky ini lebih ke personal blog yang membahas tentang jurnal kehidupannya, opini, ataupun gerakannya untuk peduli sesama. Jujur, saya kagum dengan setiap perempuan yang peduli dengan anak kecil. Seksi dalam artian lain :D.

Pungky Prayitno

Srikandi Kreatif.

Membaca tulisan-tulisan mbak Pungky, serasa berada di kemerdekaan berkarya tanpa batas. Salah satu labelnya bernama PungQreative, dia berhasil menampilkan kreatifitas yang mengedukasi. Salah satu videonya adalah stop motion mengenai metode penelitian kualitatif dan kuantitatif.

Srikandi yang Berani.

Mbak Pungky ini adalah wanita yang berani. Sekilas saya lihat beberapa fotonya di label Narsius Ekspeliarmus, dia terlihat anggun. Tapi, lihat bagaimana dia berani bereksperimen dengan penggunaan kata : Selangkangan. Jangankan membaca label ini, ketika mengintip judul artikelnya, saya antara kagum, tak percaya, dan amajing. Jadi, jika ingin mencoba mengintip 'Selangkangan'-nya, harap membuka pikiran lebar-lebar karena yang dikatakan akan membuat Anda termanggut-manggut :D.
Mo Cuishle's Label
Selangkangan di antara label lainnya.

Artikel Selangkangan
Salah satu artikel di label Selangkangan yang menceritakan
tentang kupu-kupu malam bernama Lastri. 

Srikandi Pemerhati Dunia Anak.

Jika sebelumnya saya menggambarkan mbak Pungky sebagai sosok yang berani, ternyata ada sisi lain. Mbak Pungky ini ternyata peduli dengan dunia anak. Ini terbukti dari terbitnya buku Peri-Peri Bersayap Pelangi yang menggunakan daya khayal untuk dikonsumsi oleh usia anak. Nah, yang bikin saya kagum adalah aksinya untuk membagikan buku ini ke 1000 anak dan setiap aksinya di sini. Amajing!

Pungky Peduli Dunia Anak
Radar Banyumas, Desember 2011

Srikandi Humoris.

Siapa sangka, mbak Pungky adalah seorang comica di daerah Purwokerto. Bahkan, fotonya pernah tampil di salah satu media cetak.

Pungky saat Menjadi Pengisi Stand Up Comedy
Radar Banyumas, Januari 2012 

Srikandi dan Gelar Srikandi.

Mbak Pungky ini adalah 1 di antara 10 finalis Srikandi Blogger versi KEB. Sebagai blogger amatir, saya merasa tidak heran jika dia masuk dalam 10 finalis. Dia berhasil menyajikan setiap kontennya menjadi Pungky's style. Asyik, tapi tidak berusaha digaul-gaulkan. Atau sederhananya, dia memang original asyik dalam setiap gaya penulisannya di blog.

Oh, ya, ada tips untuk membuat desain blog ala Pungky dengan judul "Desain Blog buat si Gaptek".

  1. Buat Tema Besar Tampilan | "Usahakan bertema dan konsisten dengan temanya."
  2. Andalkan Desain Header | "Minimal desain header kamu se kamu mungkin."
  3. Otak-Atik Tampilan dengan Gampangs! 
  4. The Power Of Kebersihan Sebagian dari Blog Enak Dibaca | "Kalau aku yes, untuk tulisan panjang lebar, aku lebih suka bekgron terang dengan tulisan gelap."
  5. Katakan Tidak Pada Bekgron Ruwet! | "Blog yang pakai bekgron keramean itu bikin sakit mata sekaligus perut."
  6. Insaf Jadi Banci Gadget | "Sorry to say yes buat yang pasang hal-hal itu di blognya, tapi demi deh, mereka ganggu buangeeeeet."
Dari semua tips tersebut, sudahkah blog ini masuk dalam kriteria yang sedikit enak dinikmati? Semoga, yes :D

Ada banyak hal yang bisa dipelajari dan menjadi inspirasi dari blog Mo Cuishle. Salah satunya adalah berani berpikir of out the box. Point ini yang bisa terlihat jelas ketika saya membaca beberapa artikelnya. Selain itu, blog ini semacam persuasi untuk pembaca turut peduli dengan dunia anak. Jika bukan kita yang peduli, siapa lagi?

Jadi, kenapa saya bilang mbak Pungky adalah Srikandi Blogger Misterius? Karena dari keanggunannya (dari foto), dia bisa menelurkan pemikiran di luar dugaan yang membuat saya berdecak kagum. Yuk, jadi blogger yang memiliki kepedulian dalam hal positif. Berkreasi di ranah yang kita minati dan jalani dengan sepenuh hati. Wujudkan Indonesia kreatif untuk Indonesia yang lebih baik :)





Sumber gambar : http://galaksipungky.blogspot.com/

You Might Also Like

17 Comments

  1. ringkasan yang mak nyusss deh NengHepy, Berkreasi dengan RANAH yang kita minati..
    ranah ku apa ya? Sering denger sih istilah itu waktu msh jadi murid, Ranah itu biasanya di sambung dengan Kekuasaan, :) . soal purwokerto, wah kenapa dulu gak pernah ketemu ya, tak terasa sudah hampir 4 tahun kumeninggalkanmu wahai Purwokerto,....
    lama2 lebai nih :) dah dulu deh. Makin mantabs neng ulasannya :)
    Salam Hangat Neng.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Loh ya? Berarti, saya salah mggunakan kata itu, ya, mas - -". Trima kasih pencerahannya. Yang saya maksud di tulisan tersebut adalah semacam 'apa yg kita sukai' :3. Salam hangat pula, mas.

      Hapus
  2. Ini tulisan kedua yang saya baca mengenai galaksi pungky...
    Sempat mengunjungi blognya. Menikmati juga tulisan-tulisannya yg orisinil...

    Tetap ngeblog dgn citra diri sendiri ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru ya tulisannya Mbak Pungky :-). Iya, Ujang, insyaAllah tetap ngeblog dgn citra sendiri.

      Hapus
  3. saya baru mengetahui kemarin malam sosoknya mbak. memang yah, salut. baru tahu saja saya sudah bisa menangkap kehebatan pribadinya. saya juga ikut memeriahkan GAnya, bermodal sok tahu, hihi. dan review mbak bagus, jadi makin tahu saya mengenainya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe. Saya dulu begitu tau juga langsung kepincut, mas. Saya sudah baca ulasan richoku, tapi belum sempat komen. Koneksi susah :-/

      Hapus
  4. Senang rasanya jika blogger memberikan inspirasi bagi blogger ,lainnya. Saya menyimak tulisan ini dan mendapatkan banyak masukan. Salah satu yang saya coba pelajari lebih lanjut adalah kesesuaian dan TEMA blog yang harus konsisten. Ini yang masih saya coba untuk tingkatkan lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blog kang Asep pun juga memberi inspirasi :-). Iya, kang, yang susah adalah konsisten dgn tema.

      Hapus
  5. Peduli dunia anak itu keren banget :)
    Gudlak GA-nya ya ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mbak, saya ingin nyontoh mbak Pungky. Jadi orang keren :-D

      Hapus
  6. Lengkap banget ig ulasannya, bikin saya iri (lagi!) hahaha :D
    salam hangat mbak :D

    BalasHapus
  7. purwokerto? sama dong dengan tempat tinggal istriku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, bisa sekalian lebaran di rumah mbak Pungky, Kang..

      Hapus
  8. thank nice infonya sangat menarik, silahkan kunjungi balik website kami http://bit.ly/2OCfQmP

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungan dan segala apresiasinya. Silakan tinggalkan pesan di kolom komentar jika memang ada yang perlu didiskusikan ^ ^

Jika memerlukan informasi urgent, boleh sapa saya di email karena saya cukup aktif pula di sana :).

Disclaimer

Blog ini tidak merepresentasikan instansi tempat dimana penulis mengabdi, karena mayoritas konten adalah hasil kolaborasi dengan manusia-manusia baik hati :). Penulis tidak bertanggungjawab jika terdapat tulisan mengatasnamakan penulis (alias copas) di luar blog ini dan ini.
Blogger Perempuan