Pajarakan dan Kraksaan : 2 Keindahan Probolinggo selain Gunung Bromo

By Selasa, Februari 25, 2014 , , , ,

Mendengar kata Probolinggo, mungkin akan sedikit asing. Tapi, ketika mendengar kata Gunung Bromo, pastilah sudah tak asing lagi, bukan. Gunung Bromo adalah salah satu icon pariwisata di Kabupaten Probolinggo. Sebenarnya, tidak hanya Gunung Bromo saja, tapi ada perkebunan teh, ranu, ataupun Songa, yang cukup terkenal di kalangan pecinta arung jeram.

Nah, beberapa hari yang lalu, saya berburu pemandangan di Kecamatan Pajarakan dan Kecamatan Kraksaan. Menurut ayah, di daerah itu banyak burung bangau dan itu membuat saya penasaran. Sesampainya di sana, kami disuguhkan dengan pemandangan alam yang indah!

Menurut pengamatan saya, mayoritas wilayah di kedua tempat tersebut adalah daerah pesisir. Itu sebabnya, banyak warganya yang berprofesi sebagai nelayan. Bahkan, salah satu sekolah di daerah tersebut, terkesan gersang karena tumbuhan susah untuk tumbuh.

Well, di daerah tersebut, memang berbeda dengan daerah saya. Banyak burung bangau dan burung liar yang terbang dengan bebasnya. Dulu, ketika saya SD, saya seringkali melihat burung bangau di pepohonan yang berada di lingkungan Pabrik Kertas Leces. Burung-burung tersebut sering kami sebut dengan nama burung kuntul. Sekarang, mah, burungnya sudah tidak ada :"(. Jujur, saya sedih.

Desa Penambangan, Kecamatan Pajarakan

Tujuan pertama saya adalah di Desa Penambangan, Kecamatan Pajarakan. Di daerah tersebut, menurut saya, terasa sekali kesan pesisirnya. Banyak burung bangau di beberapa tempat. Sayangnya, susah sekali tertangkap kamera karena terhalang pagar tinggi. 
Pariwisata Probolinggo | Desa Penambangan, Kecamatan Pajarakan
Tempat melihara ikan ataupun udang.
Pariwisata Probolinggo | Desa Penambangan, Kecamatan Pajarakan
Kepiting yang susah saya temui di tempat saya :D.
Ketika saya berkunjung, ada warga yang sedang mengumpulkan kepiting untuk lauk pauk.
Pariwisata Probolinggo | Desa Penambangan, Kecamatan Pajarakan

Pariwisata Probolinggo | Desa Penambangan, Kecamatan Pajarakan

Pariwisata Probolinggo | Desa Penambangan, Kecamatan Pajarakan

Desa Kalibuntu, Kecamatan Kraksaan

Tujuan kedua adalah Desa Kalibuntu, Kecamatan Kraksaan. Hampir sama dengan di daerah Penambangan, di daerah ini juga daerah pesisir. Saya sempat pula mengunjungi salah satu sekolah di daerah tersebut. Ada yang membuat saya kagum dari kunjungan saya itu. Mereka berhasil membuat prasana pembelajaran mengenai pengolah air laut menjadi garam. Nah, gini, nih, yang bikin salut. Pembelajaran yang langsung diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Josss!

"Orang tua mereka, tidak terlalu paham apa yang terkandung dalam garam dan penamaan ilmiah dalam pengolahan garam. Jadi, dengan adanya media pembelajaran ini, diharapkan siswa, yang mayoritas anak nelayan garam, bisa dapat menjelaskan dan memahami proses penggaraman secara ilmiah," terang salah satu guru sekolah dasar.

Sebenarnya, saya ingin mengabadikan media pembelajarannya, tapi ndak enak kalau harus mengeluarkan kamera pada saat beliau menjelaskan. Begitu selesai menjelaskan, saya malah diminta mengambil gambar mereka. Sayang sekali -___-"

Desa Kalibuntu, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo

Pariwisata Probolinggo | Desa Kalibuntu, Kecamatan Kraksaan

Pariwisata Probolinggo | Desa Kalibuntu, Kecamatan Kraksaan

Pariwisata Probolinggo | Desa Kalibuntu, Kecamatan Kraksaan

----------------------------------------------------------------

Banyak pesona lain di Kabupaten Probolinggo selain Gunung Bromo. Jadi, di liburan semester 4 mendatang, saya merencanakan untuk kembali memutari Kabupaten Probolinggo :). Ya, setidaknya, ketika ada orang yang bertanya : "Pariwisata apa aja yang ada di Kabupaten Probolinggo?". Saya bisa sedikit memberikan rekomendasi, yah, asal bawa kendaraan pribadi saja, lah, ya :D.

Yuk, jadi penduduk lokal yang cinta dengan pariwisatanya sendiri. Kalau bukan kita yang mencintai, siapa lagi? Kalau bukan sekarang, kapan lagi :)? Jangan menunggu pariwisata kita dibeli negara tetangga dan kita hanya akan bisa protes setelah semuanya terjadi ^ ^

Saya untuk Indonesia


Regards,



Hafian

You Might Also Like

7 Comments

  1. Tujuan kedua di Desa Kalibuntu itu bebatuannya besar-besar yah mbak, bagus, mulus pula. Liburan semester empat nanti, ajak-ajak mbak,hhiihi. Mengeksplore wisata daerah kita sendiri, biar orang luar daerah menjadi tahu. Like :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk ke sini, yuk, mas ^ ^ Bagus bagus tempat wisatanya :)

      Hapus
  2. Saya belum pernah ke Probolinggo, tapi saya punya teman di daerah Leces—tempat Mbak Fibi sekolah SD. Semoga suatu saat bisa silaturahmi ke sana sekaligus mengunjungi tempat-tempat di atas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk, semoga bisa ke Probolinggo suatu saat, ya, mas :)

      Hapus
  3. selamat malam,saya ingin bertanya apa desa kalibuntunya sering di landa banjir Rob?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau saya, jarang sih, mas :9
      Kebayang kan kalau tambaknya banjir dan udang di mana-mana XD #semogadijauhidaribanjir

      Hapus

Terimakasih atas kunjungan dan segala apresiasinya. Silakan tinggalkan pesan di kolom komentar jika memang ada yang perlu didiskusikan ^ ^

Jika memerlukan informasi urgent, boleh sapa saya di email karena saya cukup aktif pula di sana :).

Disclaimer

Blog ini tidak merepresentasikan instansi tempat dimana penulis mengabdi, karena mayoritas konten adalah hasil kolaborasi dengan manusia-manusia baik hati :). Penulis tidak bertanggungjawab jika terdapat tulisan mengatasnamakan penulis (alias copas) di luar blog ini dan ini.
Blogger Perempuan