Group Blogger Mana Pilihanmu?

By Rabu, Februari 12, 2014

Assalamu'alaykum.
Liburan kuliah yang panjang ini, sudah saya niatkan untuk mengasah kemampuan menulis yang ingin saya kembangkan. Baik itu menulis di blog ataupun tulisan untuk tembus ke media cetak. Menurut saya, menulis adalah hiburan yang lebih mengibur daripada melihat acara televisi. It's me.

Well, untuk mendukung kemampuan menulis, saya pun dituntut untuk banyak membaca dan pilihan bacaan saya adalah artikel teman-teman di group blogger. Ada beberapa group blogger yang saya ikuti, tapi yang lebih sering saya kunjungi tulisannya adalah Warung Blogger dan Blog of Friendship.

Warung Blogger dan Blog of Friendship
Sudah lama bergabung di dua group ini, tapi sedikitpun tak pernah aktif dan hanya sebagai silent reader. Di mata saya, orang-orang yang telah bergabung di group ini adalah orang-orang hebat. Dari segi penulisan, ide, dan pemikiran, banyak hal yang menjadi pembelajaran untuk saya. Banyak blogger ndewo di sini.

Group Blogger Mana Pilihanmu? | nenghepi


Gaya penulisan artikel yang disajikan oleh para anggota Warung Blogger ini cenderung semi formal. Maksudnya, walaupun tema yang diangkat adalah kehidupan pribadi, atau tema-tema ringan lainnya, mereka menyajikannya dengan bahasa Indonesia yang baik. Sesekali ada pula pemakaian bahasa harian, tapi tetap tidak menyimpang dari bahasa yang baik. Penulisan dengan tema yang berat pun dapat dibawakan dengan bahasa yang mudah dipahami dan tidak membosankan. Awesome!

Group Blogger Mana Pilihanmu? | nenghepi

Saya lihat, di group Blog of Friendship, lebih banyak blogger yang membawakan tema-tema ringan dan berbau remaja. Mungkin, kebetulan saja yang saya kenal hanya blogger seumuran, kali, ya. Hehehe... Dari segi pembawaan artikel,  mereka juga menggunakan bahasa Indonesia yang baik. Di sini, saya lebih banyak menemui teman blogger yang seusia, sepemikiran, dan, mungkin, suka pula menuliskan sajak galau, seperti saya :).

Kumpulan Emak Blogger (KEB)

Group Blogger Mana Pilihanmu? | nenghepi

Selain kedua group di atas, saya ingin bergabung di Kumpulan Emak Blogger. Saya baru mengetahui blog ini beberapa waktu silam. Group ini beranggotakan kaum hawa yang memiliki pemikiran kritis. Tapi, membaca tulisan yang disajikan oleh para anggota KEB, nyali saya pun menciut. Pasalnya, tulisan mereka berbeda jauh dengan tulisan saya. Mereka bisa membawakan artikel informatif menjadi artikel yang menarik dan tidak terkesan menggurui. Lah, tulisan saya, ada yang baca pun, saya sudah sangat bersyukur :D

Dari ketiganya, saya berusaha untuk menyerap ilmu sebanyak-banyaknya. Infonya, gaya penulisannya, ataupun bagaimana mereka membuat yang kritis menjadi enak dibaca. Semoga ketiganya bisa membuat saya lebih baik dan lebih berarti. Semoga dapat saya tanggalkan jejak-jejak ke-alay-an di jaman dulu :). Keep trying, learning, and happy blogging !

You Might Also Like

41 Comments

  1. ah jangan minder neng, gabung aja.Tiap orang punya karakter masing-masing kok. Tulisanku juga ga serius serius amet :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe. iya, mbak, terima kasih untuk sarannya :). Ingin segera bergabung dengan KEB :D

      Hapus
  2. Udah gabung sama WB sama Bloofer, tapi belum pernah ikut kopdarnya. Saya mah paling sama Kancut Keblenger, udah sering kumpul-kumpul juga bareng reg Bandung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga gabung di KK, tapi merasa sangat kurang gaul, jadi just be silent member :D

      Hapus
  3. Wah, aku baru tahu ada blogger of friendship.

    BalasHapus
  4. wah aku kok belum pernah gabung di grup manapun ya...

    BalasHapus
  5. saat ini banyak riwa-riwi di WB, di BOF belum, apalagi di KEB, bakal ditendang saya nih, hhehe. tapi yang jelas, sejauh ini saya sangat banyak memperoleh pemahaman baru seputar dunia tulis menulis. sahabat blogger semua pada seru-seru, cerdas, dan penuh kekeluargaan. saya akan terus belajar dari semua :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, bener, mas, banyak pemahaman baru yang saya dapat setelah bergabung dengan mereka :). Keep blogging :)

      Hapus
  6. Saya juga sudah bergabung di Blogs of Friendshi dan WB juga. Senang rasanya bergabung daam komunitas besar tersebut. Banyak Ilmu yang bisa dibagikan di sana. Super Sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga senang bergabung dengan mereka, Kang. Termasuk Kang Asep ini juga salah satu masternya :D

      Hapus
  7. gg ada ,, saya udah gabung kesalah satu tapi biasa aja,, gg ada asiknya . . .

    BalasHapus
  8. Balasan
    1. tuh yang itu mah nongol....

      jadi grup diatas itu pasti punya kelebihan masing masing, yang penting mah niatin azh silaturahmi supaya dapet pahala...gituh azh kale.

      Hapus
    2. Komentar yang mana, Kang? Maaf, beneran gag tau dan tidak menghapus :'(.

      Iya, Kang, niat silahturahmi buat nambah pahala :).

      Hapus
  9. Nggak pernah gabung mba heheheee

    BalasHapus
  10. Saya gabung juga di 2 grup bkogget itu.
    Oh ya ada lg komunitas blogger yg seru, ini Forum DBkogger Comunity. Coba gabung disana juga deh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah merasakan sensainya, ya, mas :). Trima kasih infonya, saya cek di tkp :)

      Hapus
  11. alo :) pi, salam kenal. Eh kayanya aku udah pernah mampir kesini deh hihi, rada lupa. Saya belum bergabung di ketiganya >.<
    setiap orang punya kealayan masing2, LOL

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga, mbak :). Memang pernah berkunjung ke sini, mbak. Hehe...
      Hayo, si mbak masih alay, jangan2 :p

      Hapus
  12. aku baru tahu soal warung blogger dan blog of friendship. Cuma tau KEB itu juga baru-baru ini. seneng aja karena isinya kaum hawa dan rajin2 banget nge-post nya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. KEB, menurut saya, kumpulan wanita2 super, mbak. Selamat merasakan sensasinya :)
      Salam hangat dari Surabaya { }

      Hapus
  13. kumpulan emak bloger bagus2 tuh postingannya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, IPY, setuju :). Jadi pengen segera bergabung dengan KEB :)

      Hapus
  14. wah sayangnya aku belum gabung grup mana pun, dua nama Warung Blogger sama KEB sendiri tidak terlalu asing sih... coba ntar lebih instens mengikuti... share pengalaman yang menarik sebagai referensi nih.... salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk gabung yuk :). Semakin intens mengikuti, insyaAllah silahturahmi semakin kental :D. Salam hangat juga :)

      Hapus
  15. Kayaknya grup blogger memang seru, Kak :) Aku baca-baca aja ah, kyk Kakak jd silent reader untuk saat ini.
    Pernah juga aku pengin gabung ke suatu grup, tp ada persyaratannya, jd nunda-nunda deh, hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe. Silent reader gag papa, dek, tapi kalau mampir ke sini, jangan silent reader ya :D. Hehe. Terkadang, ada group yang mensyaratkan macam2, tapi ketiga group di atas, syaratnya umum aja kok :D gabung yuk :D

      Hapus
  16. yuk gabung sj...sy dl wkt gabung 6bln yll, mlh msh punya postingan 3 atau 5 sj....hehe...dipede2in...diserap sj ilmunya...alhamdulillah sdh lmyan postingan sy skrg..mlh cb2 ikut GA jg..hihi...walopun br sekali menang yah gpp...belajar trus walo sdh emak2...hihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ih ngiri sama semangatnya Mak Ir 😶. Semoga nular ke saya semangat belajarnya😂😊

      Hapus
  17. Aku juga nulisnya masih seenak udel, dan kayaknya juga cuman sedikit yang membaca, tapi tetep ikutan KEB mbak :D buat nyari inspirasi dan belajar menulis yang baik (karena saya susah fokus saat menulis -_- )

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya mulai ndak fokus nulis, Mbak. Kayaknya perlu refresh ke KEB 😢

      Hapus
  18. selama ini sih yng nyong ikutin baru WB membernya juga asik2 untung baca tulisan ini bisa jadi buat refrensi juga group yang lain..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju, Kang. WB emang orang ndemulur. Asyik aja jadi ngikutinnya 😄

      Hapus
  19. WB emang sumbernya ilmu untu blogging baik yang masih pemula atau udah pengalaman :D hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju banget, Kang. Di WB banyak yang pro, jadi bisa belajar banyak. Hihi.

      Hapus

Terimakasih atas kunjungan dan segala apresiasinya. Silakan tinggalkan pesan di kolom komentar jika memang ada yang perlu didiskusikan ^ ^

Jika memerlukan informasi urgent, boleh sapa saya di email karena saya cukup aktif pula di sana :).

Disclaimer

Blog ini tidak merepresentasikan instansi tempat dimana penulis mengabdi, karena mayoritas konten adalah hasil kolaborasi dengan manusia-manusia baik hati :). Penulis tidak bertanggungjawab jika terdapat tulisan mengatasnamakan penulis (alias copas) di luar blog ini dan ini.
Blogger Perempuan