In Case, If You Meet Me in Other Blog :)

By Rabu, Juni 30, 2021

Dear, In Case, If You Mee Me in Other Blog :)
Huft.

Aku sangat paham risiko yang menyertai setiap pekerjaan content creator, baik di dunia visual ataupun verbal, seperti blog, dimana sangat rentan terjadi praktik plagiarism. Sampai akhirnya, di masa blog memiliki panggung yang cukup luas sekitar tahun 2012, banyak sekali blogger yang menyuarakan anti plagiarism, dari memasang banner anti copy-paste, copycat, menonaktifkan klik kanan, adanya fitur otomatis menambahkan link asli ketika artikel di copas, atau yang lebih ekstrim adalah disable fitur block artikel. Aku pernah melakukan semua campaign tersebut!

Apakah plagiarism ini salah? Secara teori, praktik ini salah karena melanggar hak cipta dan tentu saja tidak menghargai hak intelektual dari penciptanya.

Lalu, apakah blogku pernah pula melakukan praktik plagiarism? Ya, pernah. Itu dulu dan aku sudah take down artikel yang tidak mencantumkan sumber artikel. Jikapun masih ada, itu karena ada value yang memang kurasa sangat bermanfaat dari artikel tersebut (dan itupun bisa dihitung jari😭).

Apakah aku pernah ditegur karena pelanggaran hak cipta? Ya, akupun pernah. Aku pernah melanggar hak cipta karena menggunakan header blog milik orang lain tanpa izin. Jadi, saat ini aku sangat mengusahakan untuk memberi sumber artikel dan/atau image yang kusertakan. Semoga kamu juga, ya ❤!

Mengapa pembahasan ini akhirnya harus kusuarakan (kembali)? Karena aku mengetahui bahwa artikelku yang sudah aku take down di blog ini, ditemukan oleh orang lain dengan i-dont-know keywords that used. Yang mana, membuat adanya penilaian bahwa blog tersebut adalah milikku.

 

Padahal bukan, ya, blog official-ku adalah ini, candacandu.wordpress.com, dan 1 blog dummy untuk mengunggah gambarku. Untuk platform blogger sendiri, aku menggunakan 1 profil akun ini, Guys 😊.

Akhir kata, untuk siapapun yang menemukan penulis lain dengan mengatasnamakanku atau menyerupaiku, aku informasikan bahwa blog tersebut bukan milikku. Aku senang jika memang orang lain bisa mendapatkan informasi yang baik dari artikel yang pernah kutulis❤. Semoga blog ini tetap memberikan positive value dan saling belajar dalam menghargai hak cipta setiap content creator.

Warmest regards.

---

Psst, risiko plagiarsm ini tidak mengusikku sama sekali. Jika memang ada artikelku yang menurutmu bermanfaat, silakan gunakan dengan tujuan yang baik dan tidak ada penyalahgunaan konten. Aku tahu, inshaAllah literasi jaman sekarang tentang hak cipta sudah digaungkan dan mendarah daging ❤.

You Might Also Like

0 Comments

Terimakasih atas kunjungan dan segala apresiasinya. Silakan tinggalkan pesan di kolom komentar jika memang ada yang perlu didiskusikan ^ ^

Jika memerlukan informasi urgent, boleh sapa saya di email karena saya cukup aktif pula di sana :).

Disclaimer

Blog ini tidak merepresentasikan instansi tempat dimana penulis mengabdi, karena mayoritas konten adalah hasil kolaborasi dengan manusia-manusia baik hati :). Penulis tidak bertanggungjawab jika terdapat tulisan mengatasnamakan penulis (alias copas) di luar blog ini dan ini.
Blogger Perempuan