Be a Part of Kelas Inspirasi Surabaya 5 #1

By Selasa, Desember 04, 2018 , , ,

--Seleksi, Pembagian Team, dan Briefing Kelas Inspirasi Surabaya--

Sejak kuliah, saya ingin sekali menjadi bagian dari Kelas Inspirasi (KI), entah sebagai relawan apapun. Kapasitas saya yang dulu belum punya pengalaman bekerja, yang bisa saya daftarkan adalah sebagai relawan panitia. Di sini, saya ingin berbagi pengalaman saat saya terlibat di Kelas Inspirasi Surabaya (KIS) 5, 2018.

Be a Part of Kelas Inspirasi Surabaya 5
Be a Part of Kelas Inspirasi Surabaya 5

Sebelum bercerita lebih jauh, apa sih itu Kelas Inspirasi?


KI dirancang oleh Anies Baswedan, yang saat itu menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan memiliki payung yang sama dengan Indonesia Mengajar. Namun, berbeda tujuan, target peserta, dan durasi waktunya. Untuk Kelas Inspirasi sendiri, bertujuan untuk mengenalkan beragam profesi ke anak SD dalam 1 hari pelaksanaan.

Sekarang, saya ceritakan sedikit tentang seleksi hingga hari briefing di KIS 5 lalu. Semoga membuat pembaca tidak sabar untuk ikut bergabung di Kelas Inspirasi, baik sebagai relawan ataupun pengajar. 

Tahapan Seleksi - via Pertanyaan Essay

Awal mula saya mengetahui akan ada event ini dari sahabat saya, Syauqina Idzzi, dan kami memang excited untuk mendaftar. KIS 5 termasuk gencar untuk melakukan promosi terkait open recruitment relawan fotografer, videographer, dan pengajar.

Usut punya usut, ternyata, tahun ini memang tidak ada open recruitment untuk fasilitator. Dengan alasan, fasilitator memang diambilkan dari rekan-rekan relawan yang sebelumnya pernah bergabung di KIS. Jadilah, saya di event ini memberanikan diri mencoba menjadi relawan pengajar. Haha. Modal nekat, cuy!

Calon relawan diminta untuk mengisi sejumlah pertanyaan mengenai data diri, latar belakang pekerjaan, alasan mengapa tertarik, dan latar belakang kerelawanan. Saya lupa sebera panjang pertanyaannya, cuma memang seperti jawaban essay dalam format google docs. Oh, ya, saya juga diminta agreement bahwa bersedia cuti di Hari Inspirasi.

5 Juni 2018, Pengumuman Relawan

Pengumuman dilakukan dalam 3 media, yaitu email, website, dan whatsapp. Kalau saya rasa, jadwal antara pendaftaran dan pengumuman cenderung lama, sih, namun yang diterima menjadi relawan pun juga banyak. Kalau dari informasi yang saya dapat, memang tahun ini target sekolahnya lebih banyak, sehingga dibutuhkan SDM yang meluber.

Kelas Inspirasi Surabaya 5

Sudah saya tunggu jauh hari perihal pengumuman itu dan betapa girang hati saya ketika melihat nama saya terpampang di sana. Secara spontan, jari saya langsung menelisik nama Syau dan voila, dia pun lolos. Yeay! Saya hubungi dia langsung melalui voice call dalam keadaan senang bukan main.

Saat pengumuman, saya tidak mengetahui di mana saya akan ditugaskan, dengan group mana nanti dikumpulkan, hingga Mbak Ni Luh, fasilitator, menghubungi saya dan mengundang di grup WA. Dari sana, baru tahulah bahwa saya ditempatkan di SDI Raden Patah, Surabaya, di tanggal 23 Juli 2018.

Satu Rombongan Belajar (Rombel) SDI Raden Patah terdiri dari 2 fotografer, 1 videografer, 3 fasilitator, dan 10 relawan pengajar. Ini sudah dengan kurangan beberapa relawan yang mengundurkan diri. Kami mengajar kelas 3 SD sampai dengan 6 SD dengan pertimbangan di umur tersebut lebih mudah dalam penyerapan materi.

*****

Team saya adalah ...

Fasilitator : 
Mbak Ni Luh Pratiwi, Mbak Ika Nurkasanah, dan Mbak Arin Wardani.

Pengajar : 
Mas Himawan Ramadhan Auditiardy, Mbak Ana Mariya Ulfah, Mbak Kartika Chandra Hapsari, Mbak Ikke A Fitriani, Mbak Mely Suharmi, Ayah Hadi, Mas Ahmad Bassam Faiz, Mas Affan Hisyam Ardiansyah, Mbak Devi Destiani, dan saya sendiri.

Dokumenter : Pak Ali Muchson dan Mbak Shakina Ayesha Rizal sebagai fotografer, serta 1 videografer (maafkan lupa namanya :( )

Dimana akhirnya ditunjuklah Mas Audit selaku ketua tim dan Ayah Hadi selaku 'penasehat' karena memang sudah melanglang buana di Kelas Inspirasi. Sebelum hari briefing, kami melakukan diskusi online full via whatsapp.

21 Juli 2018, Briefing di Convention Hall


Range antara pengumuman hingga pelaksanaan, diisi oleh kami untuk berdiskusi tentang persiapan di Hari Inspirasi. Sebenarnya, all kegiatan dan lainnya sudah dirancang oleh rekan-rekan fasilitator. Namun, ada beberapa bagian yang memang belum ready dan butuh diskusi melalui grup whatsapp.

Di grup whatsapp, kami juga bertukar pikiran dengan relawan lain yang ternyata pernah bahkan sering menjadi relawan pengajar. Bagaimana cara membangun kelas menjadi menarik, ice breaking, dan lainnya. Saya tetiba menciut, tapi sekaligus tertantang dan tidak sabar untuk menghadirkan yang terbaik.

Kami baru bertemu untuk pertama kalinya secara hampir full team adalah di hari briefing yang diadakan di Convention Hall Sampoerna di tanggal 21 Juli 2018. Apa yang saya pikirkan dengan kata 'briefing' adalah suatu acara kecil yang 'ngemper' dan membahas secara perkelompok saja. Nyatanya, yang saya kira adalah salah besar.

Suasana saat briefing KIS 5
Suasana saat briefing KIS 5

Briefing Kelas Inspirasi adalah suatu acara yang benar-benar tersusun dengan lumayan 'megah'. Dari segi pemilihan tempat, dekorasi dalam, konsumsi, dan lainnya. Saya seorang diri di sana, tidak mengenal siapa-siapa dan bingung harus apa. Syau, pada akhirnya mengundurkan diri karena ada keperluan lain.

Saya duduk di salah satu kursi relawan, relatif agak depan, mungkin di baris kedua atau ketiga. Sapa satu dua orang di kanan kiri dan akhirnya menemukan kawan bicara. Saya lupa namanya, yang jelas, dia berperan sebagai videographer di sekolah yang berbeda dengan saya. Di sana, juga saya temui alumni kampus yang sama, Mbak Priandini.

Di tengah acara, relawan pengajar dan dokumenter dipisah untuk memfokuskan materi. Saya masih berada di dalam ruang yang sama dan dokumenter berpindah ke ruang yang lainnya. Fungsinya adalah penyampaian materi yang bisa lebih spesifik sesuai dengan job desc.

Briefing untuk Relawan Pengajar be lyke...

Acara berlangsung sesuai jadwal dengan timeline secara garis besar adalah sambutan, penjelasan tentang apa itu Kelas Inspirasi, motivasi oleh relawan Indonesia Mengajar, dan kumpul tim. Yang menurut saya sangat berkesan adalah motivasi relawan IM. Di sana, seorang relawan membagi tentang pengalaman mengajarnya di tanah Papua.

Sharing Mengajar Anak SD dari Alumni Indonesia Mengajar...
Semua cerita yang disampaikan oleh Alumni Indonesia Mengajar sangat menyentuh dan memotivasi. Mulai dari bagaimana cara mendapatkan perhatian anak SD, yang ternyata harus heart to heart, lebih ke bermain sambil belajar. Dan disisipkan dengan ice breaking yang mengajak anak SD bergerak aktif.

Sesi lain yang juga menarik adalah sesi sharing ice breaking dan tepuk. Yaitu, kumpul tim secara acak untuk membuat tepuk atau ice breaking. Nah, saat sesi ini, relawan pengajar dikumpulkan secara acak dengan iringan lagu.

Kami diberi waktu beberapa menit untuk membuat sebuah tepukan atau ice breaking singkat. Sesi ini yang menurut saya sangat membantu memberikan ide ice breaking ataupun tepukan, mengingat saya belum menemukan yang pas. Beberapa kreasi tepukan dan ice breaking saya catat untuk kemudian bisa saya realisasikan nantinya.

Kumpul Tim SDI Raden Patah...
Selanjutnya, acara inti usai sudah dan kami diminta untuk kumpul dalam tim sebenarnya. Di sanalah pertemuan pertama saya dengan tim SDI Raden Patah untuk pertama kalinya. TM dimulai dengan perkenalan satu persatu, penjelasan singkat tentang kondisi dan persiapan, dan pematangan.

Acara pada hari diakhiri dengan berfoto bersama di stand KIS 5. Dan saat itu, saya masih sangat penasaran bagaimana realisasi keseruan di Hari Inspirasi di tanggal 23 Juli 2018. Yeay!


Tim Kelas Inspirasi Surabaya chapter SDI Raden Patah
Tim Kelas Inspirasi Surabaya chapter SDI Raden Patah
Foto bawah (dari kiri ke kanan) : Pak Ali, Mbak Kartika, Mbak Ana, saya, Mbak Mely, Mbak Ni Luh, Mbak Wardani, Mas Audit, dan Mas Bassam.

--------------------------------------------

Tulisan selanjutnya masih on progress tentang bagaimana pengalaman saya di Hari Inspirasi 2018. Kamu, kapan donk mau ikut nyobain?

You Might Also Like

0 Comments

Terimakasih atas kunjungan dan segala apresiasinya. Silakan tinggalkan pesan di kolom komentar jika memang ada yang perlu didiskusikan ^ ^

Jika memerlukan informasi urgent, boleh sapa saya di email karena saya cukup aktif pula di sana :).

Disclaimer

Blog ini tidak merepresentasikan instansi tempat dimana penulis mengabdi, karena mayoritas konten adalah hasil kolaborasi dengan manusia-manusia baik hati :). Penulis tidak bertanggungjawab jika terdapat tulisan mengatasnamakan penulis (alias copas) di luar blog ini dan ini.
Blogger Perempuan