1 Hari 2 Pantai: Trip Hemat Pantai Tambakrejo dan Gondo Mayit di Blitar Selatan (Part 1)

By Senin, Januari 30, 2017 , , , , , ,

1 Hari 2 Pantai: Trip Hemat Pantai Tambakrejo dan Gondo Mayit di Blitar Selatan (Part 1)
Assalamu'alaikum.

Woops, kali ini saya sedang bernostalgia dengan perjalanan 3 hari 2 malam (3D2N) yang saya lakukan di tahun 2015. Tujuan yang ingin saya tuliskan ini merupakan tujuan akhir dari perjalanan kami, Pantai Tambakrejo dan Pantai Gondo Mayit Blitar. Destinasi trip 3D2N kami adalah Kediri - Tulungagung - Blitar dengan Kediri sebagai tempat penginapan utama.

Baca bagaimana perjalanan pertama saya di trip 3D2N Kediri-Blitar-Tulungagung: Pantai Kedung Tumpang Tulungagung: Tabik dari Kolam Renang Alami, Kolam Para Bidadari.

Akses Jalan dan Bantuan GPS menuju Destinasi

Pantai Tambakrejo terletak di desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar. Jika dari pusat kota Blitar, berjarak sekitar 30 km dan membutuhkan waktu tempuh sekitar 1 jam untuk dapat tiba di kawasan tersebut. 

Karena terlalu lama tidak menuliskannya, saya lupa bagaimana detail perjalanan yang saya lakukan. Jadi, saya coba googling beberapa informasi tentang perjalanan menuju sana. Dari Google, jarak antara Kediri hingga Pantai Tambakrejo, Blitar, adalah sekitar 70 km dengan jarak tempuh kurang lebih 2 jam. Jika melihat waktu kami tiba di lokasi, yaitu pukul 11.30 WIB, kemungkinan kami berangkat dari Kediri sekitar pukul 08.00 WIB.😜

Destinasi utama kami adalah Pantai Gondo Mayit yang kabarnya lumayan bagus. Saya sendiri, sebelumnya tidak pernah mencari informasi seputar pantai tersebut. Bermodal nekat dan bantuan GPS, kami berangkat dengan 4 sepeda motor. Beberapa kali pula kami bertanya dengan masyarakat lokal untuk memastikan benar tidaknya arah yang kami ambil.

GPS akan sangat membantumu menuju lokasi ini. Walaupun berliuk-liuk, akses jalan lumayan mudah ditempuh. Tiket masuk area ini adalah 3.000 rupiah untuk 1 orang, dan untuk parkir kendaraan roda 2 di bandrol 3.000 rupiah / motor.

Kesan Pertama: Biru, Sepi, dan Ah, Ini Surga!

Voila, we were in Tambakrejo Beach. Our first point!

Tiba di lokasi, kami segera memarkirkan sepeda motor di tempat yang disediakan. Birunya laut yang tertangkap oleh kamera, bukanlah hasil dari filter dan beneran memanjakan mata. Ditambah karena bukan hari libur sekolah, pengunjung tidak terlalu ramai. Ya, nasib baik seringkali menghampiri mahasiswa ketika berlibur. Seringkali mendapatkan tempat-tempat layaknya kepemilikan pribadi. Haha.

Pantai Tambakrejo itu layaknya Pantai Lenggoksono ketika pelancong ingin trip ke Bolu-Bolu. Bagi saya, Tambakrejo ini istilahnya seperti tempat transit. Pengunjung bisa saja hanya menikmati pantai itu atau melanjutkan perjalanan ke Pantai Gondo Mayit yang terletak di sebelahnya. Seperti yang dinikmati kedua kawan saya di bawah ini, mereka layaknya mahasiswa butuh laut biru.
Pantai Tambakrejo Blitar
Birunya Pantai Tambak Rejo, Seger!
Pantai yang cenderung sepi dan lumayan bersih, membuat saya seakan dapat mengembalikan mood dalam seketika. Oh, di beberapa bagian pantai tersebut, terlihat sampah-sampah plastik. Sebenarnya, di foto atas juga terlihat sampah plastik dan sampah bawaan ombak laut. Tapi, saya potong untuk kenyamanan foto. Haha.

Jadi, pengunjung, mohon tetap jaga kebersihan pantai dengan tidak membuang sampah apapun, terutama plastik, ya. 👀

Ngomongin soal pantai, di sana cocok sekali bagi orang-orang yang mau menggelapkan badan, terutama turis luar negeri. Pasir pantai yang halus dan ombak yang tidak terlalu besar membuat pantai ini banyak dipilih keluarga yang memiliki anak kecil. Jadi bisa mainan ombak di bibir pantai dengan tetap adanya pengawasan orang tua. Eh, tapi serius, saat itu saya tidak melihat turis luar negeri sama sekali, loh. 
Pantai Tambakrejo Blitar
Serasa Pantai Pribadi, Njir!
Pantai Tambakrejo Blitar
Dedek Gemash Mainan Ombak
Pantai Tambakrejo Blitar
3 Wanita Cantiks as My Travel Partner

Bukit Pemisah antara Pantai Tambakrejo dan Pantai Gondo Mayit

Sekarang, coba bayangkan jika saya sedang berdiri menghadap pantai tersebut. Jika melihat ke arah kanan, pemandangan yang terlihat adalah hamparan pasir pantai yang luas. Sedangkan, jika melihat ke arah kiri, saya dapat melihat adanya bukit yang tampak gersang dengan beberapa tumbuhan. Nah, bukit itu yang memisahkan antara Pantai Tambakrejo dengan Pantai Gondo Mayit.
Pantai Tambakrejo Blitar

Pantai Tambakrejo Blitar

Kalau dilihat sekilas, terasa bahwa jarak antara kedua pantai tersebut sangat dekat. Etapi, jangan salah. Walaupun medannya tidak seberat perjalanan bukit ketika ke Greenbay, tapi tetap dibutuhkan stamina lebih. Tidak terlalu jauh, memang, tapi sedikit menanjak, ditambah matahari yang sudah meninggi. Seandainya saja itu Surabaya, pasti sudah sangat terik.

Untuk pengalaman lebih lanjut tentang how to Gondo Mayit Beach, akan saya tuliskan di artikel selanjutnya, ya. Pertimbangannya adalah karena di artikel ini terlalu banyak foto dan pasti akan membutuhkan waktu lama untuk membukanya 😂 . Omong-omong, saya membaca artikel lain tentang Pantai Tambakrejo dan dari dokumentasi yang saya lihat, pantai tersebut lumayan ramai pada saat-saat tertentu.

Pst, saya suka mengabadikan ekspresi kawan perjalanan dan di bawah ini adalah beberapa ekspresi candid yang saya suka. 😄
Pantai Tambakrejo Blitar
Haris Hidayatulloh
Pantai Tambakrejo Blitar
Lina Khoirunisya
Pantai Tambakrejo Blitar
Syara Argiandini
Dan ini saya. Lol. Apaan deh 😂😂😂.
Pantai Tambakrejo Blitar

Blitar, 15 Agustus 2015

You Might Also Like

0 Comments

Terimakasih atas kunjungan dan segala apresiasinya. Silakan tinggalkan pesan di kolom komentar jika memang ada yang perlu didiskusikan ^ ^

Jika memerlukan informasi urgent, boleh sapa saya di email karena saya cukup aktif pula di sana :).

Disclaimer

Blog ini tidak merepresentasikan instansi tempat dimana penulis mengabdi, karena mayoritas konten adalah hasil kolaborasi dengan manusia-manusia baik hati :). Penulis tidak bertanggungjawab jika terdapat tulisan mengatasnamakan penulis (alias copas) di luar blog ini dan ini.
Blogger Perempuan