8 Alasan Kamu Harus Blogging

By Kamis, Juli 19, 2012

Assalamu'alaykum.

Bagi sebagian orang, blogging memang sudah sangat sering terdengar atau bahkan telah ditetapkan menjadi salah satu hobi. Namun, bagi sebagian orang lagi, menganggap bahwa kegiatan ini hanyalah kegiatan iseng yang tidak terlalu bermakna. Bagaimana reaksimu?

Oke, di sini, aku ingin membahas 2 pandangan tentang blog tersebut. Tentu saja, ini bukan bermaksud membanding-bandingkan 2 pendapat itu, namun ini hanya sebagai wacana bahwa "gag semua yang dianggap sepele adalah hal sepele".

Orang yang kontra dengan blogging biasanya sering kali menganggap bahwa blog hanyalah media curhat yang tidak berbobot. Jujur saja, aku dulu pernah menganggap seperti ini juga. Ya, maklum, dulu aku belum terlalu merasakan sisi positif dari kegiatan ini -___-". 

Saat aku dulu SMA *sekarang udah mahasiswa ^__^*, pernah secara kebetulan aku dan 2 temenku membicarakan tentang jejaring sosial. Singkat cerita, pembicaraan akhirnya mengarah pada blogger. Salah satu temenku, yang memang tidak memiliki blog, menyeletuk dengan nada candaan:
"Emang apa bagusnya blog? Mek nulis-nulis gitu, tok, kan. Gag penting, e."
Aduh. Aku, selaku blogger, mendengar itu terasa mak jleb jleb. Tapi, ya, mungkin pendapatnya itu muncul karena dia memang belum mengenal blog. Selain itu, ada lagi komentar seperti di bawah ini:
"Lagi apa, Neng? Nge-blog, a? Kok cek senenge, se, isi blog-mu mek curhat-curhat tok iku."
 Ya, kalau yang ini, aku nanggepinnya lebih ke kritik membangun untuk blog-ku, sih. Tapi, sedikit koreksi, aku jarang curhat kegalauan di blog, lo. Sekalipun ada karangan yang galau, itu pure fiksi :) .

***

Orang yang pro dengan blogging biasanya telah mencicipi 'nikmat'nya ber-blogging. Orang yang sudah kecanduan, biasanya menghabiskan banyak waktunya untuk blogging karena blogging itu adalah complicated hobbies. Seperti kita tahu bahwa blogging itu terdiri dari banyak kegiatan: blogwalking, baca, nulis, ngarang, design template, dll, deh. Jadi, di sini aku ingin sedikit maparin 8 alasan kenapa kamu harus blogging :)
1. Blogwalking. Kegiatan ini membuat wawasan kita lebih luas. BW ke blog orang lain, walaupun itu blog curhat, sastra, teknologi, atau apapun pasti memberi manfaat untuk pembacanya. Beneran!
2. Nulis bikin bakat terasah. Kamu gag bakat nulis? Karena gag bakat, jadi males nulis? Pendapat itu, SALAH. Aku juga memanfaatkan blog sebagai media belajar nulis, lo *walaupun hingga kini ilmu nulisku masih cetek banget :)*Menurut salah satu pembina Forum Lingkar Pena, menulis bukanlah perkara bakat, namun karena kebiasaan: "Bisa karena biasa" :). Jadi, keep writting in your blog!
3. Semakin banyak yang kita tahu. Banyak blog yang memaparkan tentang pengetahuan umum dan kejadian-kejadian unik. Ini tentu menambah pengetahuan kita. Mungkin, pepatah modern gini kali, ya: "Internet adalah jendela dunia", begitu pula dengan blog :).
4. Menyadari bahwa kita tidak sendiri. Manfaat ini akan sangat dirasakan bagi blogger yang sering menulis tentang kehidupannya. Menulis dengan bebas akan membuat perasaan lega dan ketika kita membaca blog lain dengan kisah serupa kita akan berpikir: "I am not alone to face this problem". Pada akhirnya, dengan kebiasaan menulis bebas, kamu akan terbiasa menulis dan bisa jadi kamu menjadi penulis novel :)
5. Promosi dan bisnis.  Banyak pula blogger memanfaatkan site gratis ini untuk mempromosikan produknya. Baik itu sepatu, baju, toko, gorden, ataupun buku. Terkadang, memiliki blog/website pribadi akan memberikan nilai plus untuk mereka.
6. Kenal/tahu lebih dekat dengan WOW person. Maksudnya? Ya, bayangkan saja bila ada WOW person yang memiliki blog/website pribadi. Tentu, para penggemar rajin mendatanginya dan merasa lebih dekat dengan mereka. Ini seringkali dimanfaatkan oleh penggemar para artis, bukan?
7. Jurnal Kehidupan. Bagi sebagian orang, menulis di blog membuat lebih dewasa. Rutin menulis blog dan sesekali membaca ulang tulisan, akan membuat kita semakin tahu sejauh mana kita menanggapi suatu persoalan. Ini berlaku bagi penulis blog yang gag copas, lo :).
8. Tulis, baca, kritik, dan perbaiki. Gag semua orang pro dengan tulisan kita. Terkadang, orang-orang yang kontra itu bisa dilihat dari tanggapan mereka terhadap postingan kita. Dengan adanya mereka, kita akan tahu kesalahan dan kita bisa memperbaiki kesalahan itu :). "Everyone can be mirror for ourself" :). Sedangkan, mengetahui ada yang pro dengan kita tentu akan membuat kita lebih semangat untuk terus berkreasi :)
 ***

So, gimana? Masih memandang sebelah mata dengan blogging? Sebenarnya, segala sesuatu memiliki sisi  positif dan negatifnya, ada yang kontra dan pro, sudah lumrah, kok. Itu semua tergantung kita bagaimana menyikapi hal tersebut dengan bijak. 

Biasanya, seseorang yang tidak memiliki hobi menulis dan ingin tahu tentang blog, akan berhenti di tengah jalan karena kebosanan dan kehabisan ide. Jadi, sedikit saran, sebelum blogging, cobalah mencari alasan kuat kenapa kamu bikin blog agar blog-mu bisa tetep terawat dan bermanfaat :)

And the last, sebagai blogger, aku akui blog memiliki banyak manfaat untukku :). Kalau kamu?

You Might Also Like

42 Comments

  1. wah... keren...
    jadi semangat ngeblog nih..

    kalo alasan aku ngeblog sih, ya krn pengen nulis aja, meskipun tulisannya masih amburadul nggak karuan.. aku nggak pduli dg brapa orang yg suka atau nggak suka, yg penting apa yg ada dipikiran bs tersalurkan..

    dan sampai sekarang aku mencoba utk konsisten ngeblog

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, selamat, ya, klo masih konsisten ngeblog :)
      Ikut seneng jg..
      .
      Sependapat sma kmu, Na..
      Awal aku ngeblog krna aku suka nulis..
      Moga blog bisa bikin tulisan kita lebih bagus ^^

      Hapus
  2. ternyata banyak sekali ya manfaat blogging; makasih banyak ya.... jadi semangat neh saya telah membacanya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kalau bisa bikin semangat :)
      Makasih kunjungannya, Mas..

      Hapus
  3. Setuju banget bro...
    Eh sis...
    Eh neng ding :P
    Di sekitarku juga masih banyak yang mikir, ngeblog buat apa sih... Padahal kalau udah ngeblog sendiri pasti tau asiknya hihi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, Mbak Na..
      Smoga kita bisa nyadari ke mereka bahwa blog itu gag ngebosenin :D
      .

      Hapus
  4. Stuju deh sama kamuu..
    (ala iklan chunky bar)

    wkwkwk
    becanda kak ^^

    yaa.. di sekitarku pun banyak yg nyela "blogging" tuh.
    cuek aja sih. passion orang kan emng beda-beda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, Om..
      Passion orang beda2 :D
      Gag bisa saling maksain, kan.. Hehe..

      Hapus
  5. satu lagi deh aku mau nambahin..
    ngeblog itu bisa menghasilkan dollar sob..
    percaya gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Percaya, Mas...
      Tapi, aku blm tertarik..
      Huhu..
      Kepengen suatu hari nyobakin dpet duit dari blog :D

      Hapus
    2. Iya Kang, aku ingin membuktikan.
      Gimana caranya memunculkan adsence ??

      Hapus
  6. Semua yang ditulis di sini dalam pandangan saya tepat sekali, dan itu sudah terbukti. Namanya juga SELERA, dan yang namanya SELERA tidak dapat diperdebatkan. Bagi saya ngeblog sangat mengasyikan karena hal hal yang disebut di sini. Terima Kasih sudah berbagi. Salam dari Blogger Pontianak. izin Follow Ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, Om, smua tergantung selera.
      Gag bisa diperdebatkan jga :)

      Makasih follow.nya, Om :).
      Sudah saya folback..

      Hapus
  7. Awalnya dulu (tahun 2004) saya ngeblog cuma buat iseng dan biar ga terlalu gapnet dg yg namanya blog (**walaupun smpai skrg gapnetnya ttp ga ilang-ilang) hehe...
    Selnjutnya, sama sprti neng hepi, aku kira cuma buat curhat semacam diary. Ga prnah tau apa itu follower apalagi blogwalking.
    Alhamdulillah, skrg lebih maju dikit; tahu yg namanya follower, blogwalking, termasuk blogwalking ke sini. :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe..
      Makasih udah bw ke mari,, Mas..
      Sy jug ngenet salah satunya biar g gapnet, walaupn skarang juga blm ilang--"

      Setuju sma Mas, dr blog sy jadi sdkit tau ttg bw dkk :)

      Hapus
  8. Info yang bagus buat saya yg newbie sudah saya follow ke 361 follow balik ya,, butuh dukungan masih newbie

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah sy folback, Mas :)
      Terimakasih kunjungannya..

      Hapus
  9. Salan Neng, selamat berpuasa . maaf hadir lagi
    Banyak banyak kata disekitar kita , ketika kita ngeblog
    sangat setuju alasan blogging
    yang jelas kita blogging sala satu cara kita sharring, berbagi informasi, berbagi tips, triks,
    yang telah kita alami sendiri atau kita lihat dan dengar.
    salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener bener, Mas..
      Blog bisa kasih kita informasi lebih juga :)

      Trimakasih kunjungannya, Mas :)

      Hapus
  10. dan biasanya blog yg nulis soal curhat2an atau pengalaman pribadinya adalah blog yg gak akan keabisa bahan postingan dan cerita, hehehhe .... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener..
      Haha..
      Aku juga gitu, Mas, jarang keabisan ide.. #eah

      Hapus
  11. Setuju, Kak! Hehe, jadi ngerasa disindir nih (blog curhat). Tapi bisa juga sih dibilang jurnal. Aku lumayan sering blogwalking, tapi jarang meninggalkan jejak di cbox :P.

    "Itu semua tergantung kita bagaimana menyikapi hal tersebut dengan bijak."
    Nah... Ini juga jangan dilupakan. Blog itu memang seru, tetapi jangan sampai lupa sama yang lain, hehe..:D

    Ada lagi nih, Kak... Blog juga bisa jadi sarana dakwah (buat yang ilmunya udah bagus, kalo masih cetek kayak aku, nulis ttg hal penting ttg agama misalnya ilmu fiqih, kalo salah bahaya :(), pokoknya bisa bermanfaat deh. Kalo nulis motivasi, juga, bisa bermanfaat kan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe..
      Aku kan juga termasuk blog curhat, dek..
      Kita 11 12 :D

      Iya iya, dek, bisa nyebarin dakwah juga.. Kok aku lupa nyantumin alasan ini, ya --".. Makasih tambahannya, Dek :)

      Hapus
    2. Tapi masih mendingan, Kak.. Kakak banyak informasi yang bermanfaat, kan? Sama-sama :)

      Hapus
  12. Ya bner bgt, dgn ngeblog jg bisa ngasah pengetahuan. Jadi ngeblog itu indah dan memiliki seni yg tinggi, trgantung dgn sperti apa jenis blognya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, Mas..
      Negblog itu punyak seni yang tinggi..
      Hehe (y)

      Hapus
  13. tulisan kita akan lebih dikenal orang lain..hahahaha...


    salam blogger gagal

    BalasHapus
  14. kenapa aku ngeblog...??
    mencari inspirasi, menelurkan karya :D

    salam kenal nenghepi^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga, PH :)

      Bener2, menelurkan karya dgn ngeblog juga bisa jadi alasan kuat ^^

      Hapus
  15. ngeblog..?
    karena saya suka saja.. :D

    biarlah ini menjadi suatu yang tidak dapat di definisikan.. :)

    BalasHapus
  16. Blogging menambah kreativitas. mantab wahai kawan nenghepi :)

    BalasHapus
  17. setuju bangetttt :)bisa nambah-namba temen juga.

    BalasHapus
  18. Kalau saya dari awal niat bikin blog untuk mengentaskan rasa sakit hati saya terhadap sesuatu, sehingga saya menganggapnya sebagai ajang relaksasi sekaligus mengasah kemampuan menulis saya. Selain itu, tidak diduga saya mendapat banyak teman dari ngeblog.
    Anyway, salam kenal! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, bener, Nar..
      Salah satu alasan blog itu bisa jadi ajang relaksasi juga :)
      Salam kenal, Nariswari ^^
      Makasih untuk berkunjung ke sini :)

      Hapus
  19. Nowdays, blogging is not only about writing. People also make it to earn money. Nice share.. Nw, how can I see your pic? Wishing so much wanna see neng happy face

    BalasHapus
    Balasan
    1. Right, Geo :)
      I've shared my pic in about me :)
      Please check it ^^
      Thank's for your coming, Geo :)

      Hapus
  20. Kenalin saya Roy blogger jogja yang dulu hoby sekali ngeblog dan sempat bosen karena suatu masalah, q salut ke konsistenanmu dalam dunia blog, tetep semangat dan jangan bosan ngeblog...OKE ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe..
      Trimakasih, Mas Roy :)
      Salam kenal dari probolinggo ^^

      Hapus

Terimakasih atas kunjungan dan segala apresiasinya. Silakan tinggalkan pesan di kolom komentar jika memang ada yang perlu didiskusikan ^ ^

Jika memerlukan informasi urgent, boleh sapa saya di email karena saya cukup aktif pula di sana :).

Disclaimer

Blog ini tidak merepresentasikan instansi tempat dimana penulis mengabdi, karena mayoritas konten adalah hasil kolaborasi dengan manusia-manusia baik hati :). Penulis tidak bertanggungjawab jika terdapat tulisan mengatasnamakan penulis (alias copas) di luar blog ini dan ini.
Blogger Perempuan