5 Pilihan PTN dengan Jurusan Sastra Terbaik

By Rabu, Agustus 28, 2019 , ,

5 Pilihan PTN dengan Jurusan Sastra Terbaik, untuk Raih Pekerjaan Impianmu
5 Pilihan PTN dengan Jurusan Sastra Terbaik, untuk Raih Pekerjaan Impianmu

Siapa diantara kalian yang tidak ingin mendapat pekerjaan yang diimpikan sesuai jurusan atau keahlian? 

Saat ini, salah satu jurusan kuliah yang paling diminati mahasiswa Indonesia adalah jurusan Sastra. Jurusan ini dinilai unik dan mengasyikkan karena tidak berkaitan dengan angka. Namun, untuk mendapat pekerjaan jurusan sastra keren yang diinginkan, sebaiknya kamu juga memilih universitas dengan jurusan sastra terbaik dan berakreditasi A.

Fyi, penilaian akreditasi di sebuah universitas, dinilai langsung oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Penilaian ini meliputi 7 faktor, diantaranya adalah: visi, misi, tujuan dan sasaran, serta strategi pencapaiannya; tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan dan penjaminan mutu; mahasiswa dan lulusan; sumber daya manusia; kurikulum, pembelajaran, dan suasana akademik; pembiayaan, sarana dan prasarana, serta sistem informasi; penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama.

Saat ini, sudah banyak universitas yang telah mengantongi predikat akreditasi A untuk jurusan sastra Indonesia dan asing. Begitu pula dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang sudah  banyak melahirkan lulusan sastra terbaik dari kampusnya.

Bagi kamu yang juga ingin menjadi salah satu lulusan sastra terbaik di Perguruan Tinggi Negeri (PTN), ada baiknya mulai mencari informasinya dari sekarang, nih. Yuk, intip universitas apa saja, yang bisa dijadikan rekomendasi untuk para calon mahasiswa!

5 Pilihan PTN dengan Jurusan Sastra Terbaik


1. Universitas Sebelas Maret (UNS)

Terletak di Solo, Jawa Tengah, universitas ini telah memperoleh predikat akreditasi untuk jurusan sastra Indonesia pada tahun 2018. Untuk kamu yang berminat untuk kuliah di UNS, sebaiknya kamu mempersiapkan diri sebelum mengikuti berbagai program masuk PTN, dikarenakan banyak peminat yang juga meminati jurusan sastra di universitas ini.

Di jurusan sastra UNS ini, menawarkan beberapa mata kuliah yang nantinya akan kamu pelajari. Mulai dari Sejarah Sastra Pra Indonesia, Kebudayaan Indonesia, Sastra Mistik, hingga Digitalisasi Naskah.

2. Universitas Indonesia (UI)

Jurusan sastra Indonesia di Universitas Indonesia, baru memperoleh akreditasi dari BAN-PT pada tahun 2018. Bagi yang belum tahu, jurusan sastra di UI, berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Budaya yang memiliki mata kuliah seperti Bahasa Isyarat Indonesia, Sastra Anak, Sastra Melayu Tionghoa, sampai Bahasa Melayu Klasik.

Selain jurusan sastra Indonesia, di UI juga terdapat berbagai jurusan sastra bahasa asing, seperti Inggris, Jepang, Korea, dan masih banyak lagi. Jadi, jika kamu berminat masuk ke dunia sastra, bisa banget, nih, dipertimbangkan.

3. Universitas Negeri Malang (UNM)

Akreditasi A untuk jurusan sastra di Universitas Negeri Malang, diperoleh pada tahun 2017. DI jurusan ini juga nantinya kamu akan mempelajari mata kuliah seperti Pengantar Linguistik, Analisis Wacana Bahasa Indonesia, Fisiologi, Sampai Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Asing.

4. Universitas Padjajaran (Unpad)

BAN-PT telah memberikan predikat akreditasi A pada jurusan sastra di Universitas Padjajaran pada tahun 2017. Nantinya para mahasiswa jurusan sastra akan mempelajari mata kuliah seperti Penulisan Novel, Kritik Sastra Indoensia, Apresiasi Film Indonesia, Sampai Produksi Teater.

5. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Jurusan sastra Indonesia di UNY memperoleh predikat akreditasi A dari BAN-PT sejak 2015. Dan mata kuliah di jurusan sastra yang ditawarkan antara lain adalah Berbicara Dialektik, Menulis Sastra, Puisi, Kritik Sastra, hingga Filsafat Bahasa.

---

Berbicara tentang peluang pekerjaan, saat ini pekerjaan jurusan sastra tidak melulu menjadi seorang sastrawan atau guru bahasa. Pasalnya, perkembangan teknologi kini membuat banyak peluang pekerjaan baru di bidang sastra yang tak kalah keren ketimbang pekerjaan jurusan lainnya. 

Yuk, cari tahu, 5 pekerjaan keren untuk kamu lulusan sastra dan bahasa asing asing, yang bisa dibaca di link ini: https://www.cekaja.com/info/5-pekerjaan-keren-buat-kamu-lulusan-sastra-dan-bahasa-asing/


Source pict : https://id.pinterest.com/pin/680676931151936864/?lp=true

You Might Also Like

0 Comments

Terimakasih atas kunjungan dan segala apresiasinya. Silakan tinggalkan pesan di kolom komentar jika memang ada yang perlu didiskusikan ^ ^

Jika memerlukan informasi urgent, boleh sapa saya di email karena saya cukup aktif pula di sana :).

Disclaimer

Blog ini tidak merepresentasikan instansi tempat dimana penulis mengabdi, karena mayoritas konten adalah hasil kolaborasi dengan manusia-manusia baik hati :). Penulis tidak bertanggungjawab jika terdapat tulisan mengatasnamakan penulis (alias copas) di luar blog ini dan ini.
Blogger Perempuan