Tentang Mimpi yang Seringkali Hadir

By Minggu, Maret 17, 2019

Tentang Mimpi yang Seringkali Hadir - nenghepi.com
Tentang Mimpi yang Sama
Di usia saya yang terbilang dewasa ini, saya masih seringkali bermimpi saat tertidur. Entah tertidur lama, entah tertidur sebentar, sejauh sudah terlelap, seringkali mimpi itu muncul. Beberapa orang yang saya ceritakan, berpendapat mungkin karena saya cenderung imajinatif, juga ada yang bilang karena saya tipe pemendam.

Jadi, di sini saya ingin share mimpi-mimpi yang sering menghantui dalam waktu lama dan bagaimana saya menghilangkan mereka. Semoga bisa menjadi pembelajaran juga buat temen-temen yang seringkali didatangi mimpi yang sama ~(^  ^)~

1. Mimpi di Kejar Kucing

Saya memang memiliki phobia pada kucing, entah kucing itu mendekat, berlari mengejar, berjalan di bawah kaki, atau hanya sekedar mengeluskan badannya di kaki. Rasanya geli sekali. Bukan geli yang biasanya, tapi entahlah, memang tidak berani berkontak langsung dengan kucing.

Mungkin juga karena saya punya pengalaman buruk di bangku SMA. Dulu, kamar tidur saya terletak di bagian depan yang berhubungan langsung dengan garasi. Saat tidur siang, hampir setiap hari saya buka jendela kamar dan memang tidak pernah ada kejadian kucing tiba-tiba masuk ke kamar. Hingga suatu hari, seekor kucing yang kedinginan masuk ke kamar dan tiba-tiba membuat saya berteriak kaget. 

Bagaimana mimpi itu mulai reda?
Saya mulai belajar untuk berani dengan kucing, walaupun tidak sepenuhnya berani. Hanya sekedar mengelus saja dan tidak berlari ketika kucing mulai mendekat. Rasanya, langkah itu lumayan membantu untuk mengurangi phobia saya. Setidaknya, saya sudah lama sekali tidak bermimpi dan berteriak dalam mimpi perihal kucing.

2. Bertengkar dengan Seorang yang Sama

Saya sering pula bermimpi bertemu dengan orang yang sama dan bertengkar dengan hebat. Semacam memiliki emosi yang saya miliki di masa lampau. Yang cepat sekali meledak dan tanpa kontrol. Saya sempat menjadi yang semacam itu, hingga entah sejak kapan, bisa lebih mengontrol diri.

Di mimpi yang seringkali sama, saya bertemu dengan "mereka" di masa lampau ataupun di masa sekarang, dengan orang yang sama. Baru belakangan ini, akhirnya saya bisa bermimpi dengan "mereka" dan tidak dalam kondisi amarah. Saya juga mulai tidak lagi memimpikan mereka.

Bagaimana mimpi itu mulai reda?
Sepertinya, saya memang belum bisa memaafkan atau menyimpan keganjalan pada "mereka". Walaupun dalam kondisi sadar, saya sudah mulai tidak lagi memikirkan mereka. Tapi, tidak dengan alam bawah sadar saya. Sampai pada titik, saya memang harus bisa berkompromi dengan yang namanya "memaafkan secara ikhlas". Tidak mudah, tapi pasti bisa! Dan saya pun sudah sangat jarang memimpikan mereka.

---

Oh, ya, beberapa kali, saya juga di posisi bingung membedakan apakah ini mimpi atau bukan. Misal, saya pernah merasa bercerita panjang lebar ke kawan saya, di suatu hari, saya menanyakan kembali, "Kamu udah tak ceritain, kan, kemarin?" dan dengan santai, dia menjawab, "Belum". Jadi, ditarik kesimpulan, kemarin saya bercerita di dalam mimpi -,- .

Di balik itu semua, ada beberapa mimpi yang sering terjadi berulang-ulang. Semacam menjadi mimpi buruk yang terus terjadi dan dalam waktu lama, akhirnya mulai menghilang secara bertahap. Dan ini memang membutuhkan waktu.

Dari semuanya, yang saya pahami untuk menghilangkan mimpi buruk itu adalah mencoba bersahabat dengan "mereka". Memaafkan penyebabnya. Karena melupakan saja tidak akan menghilangkan mimpi itu, yang terpenting adalah bersahabat dan bekompromi dengan mereka.

Sebagai kesimpulan, jika kamu termasuk seseorang yang seringkali bermimpi sama, mungkin kita bisa saling memberi masukan. Untuk saya, salah satu cara agar bisa mulai menghilangkan mimpi tersebut adalah mencari penyebab mengapa mimpi itu terjadi, memaafkan, dan melupakan. Melupakan saja tidak cukup jika tidak dicari penyebabnya, kan~

Yah, seenggaknya bermimpi lain hal yang baik akan lebih menyenangkan daripada terus berdampingan dengan mimpi yang sama dalam kurun waktu lama, gitchu. Baiklah, sekian cerita akhir pekan saya di hari ini. Semoga memberi manfaat untuk pembaca :)

Pst, I miss home so much :")

Source pic: http://www.fanpop.com/clubs/daydreaming/images/19683613/title/dreaming-girl-photo

You Might Also Like

0 Comments

Terimakasih atas kunjungan dan segala apresiasinya. Silakan tinggalkan pesan di kolom komentar jika memang ada yang perlu didiskusikan ^ ^

Jika memerlukan informasi urgent, boleh sapa saya di email karena saya cukup aktif pula di sana :).

Disclaimer

Blog ini tidak merepresentasikan instansi tempat dimana penulis mengabdi, karena mayoritas konten adalah hasil kolaborasi dengan manusia-manusia baik hati :). Penulis tidak bertanggungjawab jika terdapat tulisan mengatasnamakan penulis (alias copas) di luar blog ini dan ini.
Blogger Perempuan