Profil Broken Rose : SID di Tanah Jogja

By Jumat, Juli 25, 2014

Broken Rose merupakan band beraliran punk alternative kelahiran Jogjakarta. Sebenarnya, saya baru tahu Broken Rose ketika Jrx, drummer SID, membagikan informasi mengenai band ini di fanpage-nya. Pertama kali mendengar lagunya Dance with Me or Die without Me, pendapat saya pertama kali adalah "aliran musiknya hampir sama dengan SID", tapi lebih gimana gitu :D.


"Band baru favorit saya bernama Broken Rose (Jogja). Punkrock dgn sentuhan nuansa latin yg megah." tulis Jerink melalui akunnya @JRX_SID.
"Band baru favorit saya bernama Broken Rose (Jogja). Punkrock dgn sentuhan nuansa latin yg megah," tulis Jerink melalui akunnya @JRX_SID.

Penasaran dengan Broken Rose, saya googling dan menemukan beberapa artikel. Tidak terlalu banyak informasi mengenai band ini, bahkan ketika saya mengetikkan nama personil mereka di google, jarang sekali foto pribadi mereka. Mungkin, karena belum terlalu lama malang melintang, kali, ya :D. Jika kamu penikmat aliran musik macam SID, seperti saya, band ini recommended banget! Serius :3
Broken Rose Profile
Broken Rose. Dari kiri-kanan : Agung, Jojo, Dian, Affan, Sindhu. (sumber : kaskus)
Broken Rose terbentuk tanggal 8 Oktober 2011 dengan personil awal berisi Jojo (drum/vox ), Agung (guitar), Affan (guitar), Sindhu (bass). Februari 2013 Dian bergabung dalam kelompok ini dan mengisi posisi drum, sehingga menempatkan Jojo pada posisi lead vocal (dan Acoustic Guitar).

Nama Broken Rose memiliki arti bahwa mereka meyakini tidak ada satupun yang sempurna dan abadi. Pilihan kata rose (mawar) merupakan satu wujud keindahan, wujud cinta kasih, wangi, anggun, serta berduri. Keindahan ini tidak selamanya, pada akhirnya mawar akan layu, kaku, busuk, kering, atau patah.

Pada masa pencarian jatidiri, Broken Rose kerap membawakan lagu Devildice, sebuah band punk alternative dari Bali. Sehingga sedikit banyak membawa pengaruh dalam warna musik Broken Rose. dan tidak lupa influence lain seperti Superman is Dead, Antonio Banderas, Johnny Cash, Social Distortion, My Chemical Romance, Superglad, dll. (sumber : http://hailbrokenrose.blogspot.com/)

"We're different. Play music with our own way, our song will burn your night, your sleep, and your dream. We are Broken Rose!" - Broken Rose.

Yohannes Christopher Siahaan aka Jojo (vox)

Jojo, Personil Broken Rose
Jrx "SID" (kiri) dan Jojo.

Shindu Bayu Aji aka Shindu (bass)

Sindhu, Personil Broken Rose


Affan Falastyn aka Affan (lead guitars)

Affan, Personil Broken Rose
Jrx dan Affan
Agung Hari Wibowo aka Agung (guitars)

Agung, Personil Broken Rose
Jrx dan Agung
Dian Haniffan Hadi aka Dian (drums)

Dian, Personil Broken Rose

FANPAGE FB : BROKE ROSE JOGJA FB
TWITTER : @BROKENROSE_YK

Broken Rose Profile

Menurut pendapat saya, musik yang dimainkan oleh Broken Rose lumayan enak didengar, tapi liriknya tajam dan terkesan bahaya - -". Hampir sama dengan SID yang liriknya lantang dan bebas berekspresi. Jika SID lebih sering bermain dengan metafora yang implisit, bahkan sulit diartikan, Broken Rose lebih bermain dengan kalimat yang eksplisit. Bagaimanapun, Broken Rose dan SID keren dan produk asli Indonesia :)

Fyi, personil dari Broken Rose ini adalah mahasiswa di Universitas Gajah Mada dan Universitas Negeri Yogyakarta, loh :D


Reference :
http://hailbrokenrose.blogspot.com/ | http://www.kaskus.co.id/thread/51627fa720d7195a7c000001/mnstr-root-original-tees-jogja | http://showbiz.liputan6.com/read/537410/jerinx-sid-puji-kemampuan-bermusik-broken-rose | facebook personil Broken Rose

You Might Also Like

18 Comments

  1. Saya juga baru tahu band yang satu ini.

    BalasHapus
  2. Iya, memang band indie, mas, dan masih baru juga sepertinya :3

    BalasHapus
  3. Mantap, ada sample mp3nya ga? Saya pen dengerin. Kebetulan saya jg penikmat musik punk...

    BalasHapus
  4. Keren laguny
    Sid sama devil dice bsa kesaing nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. SID tetep bertahan di list top chart saya, Bang :v Keknya blm kesaing sih :3

      Hapus
  5. Balasan
    1. Nah ya, saya pikir awalnya juga gitu, Bang :) Indo punya ternyata

      Hapus
  6. Balasan
    1. Akustik? Hem, I wanna try it. Saya belum pernah denger yang akustik kayaknya :"

      Hapus
  7. setelah lama sy mengenal SID,,sy baru tahu Band Broken Rose ,,sy kira keluarga" SID ternyata ini band dari Jogja,,,
    Pasti Bener" seru klw SID dan Broken Rose barengan konser di Lombok :D
    SID dan Broken Rose tidK jauh bedA,,
    Dua" I'm Like atw bahasa Lombok
    Aku demen deduaq,n
    Saya suka duA"nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan Lombok, lah. Surabaya aja :3 Haha

      Hapus
  8. Bagus sih tapi liriknya bahasa Inggris semua dan bahasa inggrisnya *maaf.. Kacau. Musiknya keren aku sma temen2 band sering jamming lagu2 mereka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku kurang paham grammar, tbh, tapi emang lirik mereka kurang bisa dibikin belajar buat yg still learning english kayak aku, mas :"
      tapi tbh, musiknya enaque ~

      Hapus
    2. tolong sebutkan mana yng kacau mas? biar untuk jadi bahan koreksi kami.. matursuwun sebelumnya :D

      Hapus
    3. Hi, Kak Broken Rose! Terima kasih sudah membaca artikel tentang njenengan.
      Karena komentar tidak ternotifikasi kepada yang bersangkutan, pertanyaan njenengan tidak bisa terjawab oleh mas Unknown. Tapi, dari saya pribadi, tetap bis menikmati baik dari segi lirik ataupun musiknya.
      Tetap berkarya, Broken Rose! ^ ^

      Hapus

Terimakasih atas kunjungan dan segala apresiasinya. Silakan tinggalkan pesan di kolom komentar jika memang ada yang perlu didiskusikan ^ ^

Jika memerlukan informasi urgent, boleh sapa saya di email karena saya cukup aktif pula di sana :).

Disclaimer

Blog ini tidak merepresentasikan instansi tempat dimana penulis mengabdi, karena mayoritas konten adalah hasil kolaborasi dengan manusia-manusia baik hati :). Penulis tidak bertanggungjawab jika terdapat tulisan mengatasnamakan penulis (alias copas) di luar blog ini dan ini.
Blogger Perempuan