You are here : Home » » 10 Makanan Enak di Jepang

10 Makanan Enak di Jepang

Part 7-Makanan Jepang

Assalamu'alaykum. 

"Itadakimasu..."

Sering dengar kata itu? Kata itu adalah ucapan yang sering diucapkan masyarakat Jepang yang secara gramatikal memiliki makna "Saya menerima". Maksudnya lebih kepada rasa syukur dan terima kasih sehingga seseorang dapat menyantap suatu hidanganNamun, sering pula di Indonesia diartikan sebagai "Saya makan."

Kali ini, waktunya kita untuk maaaaaaaaaaaakkkkkkkkkkkkannnn. Ih, kalau ada kata 'makan', langsung aja berselera, gitu, ya -_-". Okelah, di bawah ini adalah makanan-makanan Jepang yang menurutku enak. Walaupun belum pernah merasakan, tapi dari penampilannya seperti mengguggah selera. Hehe.... Itadakimasu.....

1. Oden

Menurutku, penampilannya seperti bakso, sih, cuma lebih komplit. Disajikan dalam keadaan yang masih panas dan sering kali dimakan ketika musim dingin. Makanan ini terdiri dari bahan-bahan yang direbus di kuah, antara lain katsuobushikombu, dan kecap asin. Bahan-bahan yang dimasukkan bisa beraneka ragam, dan tidak terbatas pada lobak, konnyaku, telur rebus, dan chikuwa.

2. Shabu Shabu
Biasanya dihidangkan dalam panci khusus yang berisi air panas. Makanan ini berisi daging sapi (bisa juga daging ayam, domba, ikan fugu, gurita, atau ikan kakap) tipis, sayur-sayuran, tahu, atau kuzukiri dan biasa dimakan bersama saus yang mengandung wijen.

3. Dorayaki
Siapa yang tidak kenal dengan kue kesukaan Doraemon ini? Ternyata, kue ini termasuk makanan tradisional Jepang, lo! Wah, ternyata Fujiko F Fujio berhasil memperkenalkan kue tradisional Jepang pada seluruh masyarakat dunia melalui komik Doraemon-nya. Oh, ya, Dorayaki ini berbentuk bundar yang berasal dari adonan madu dan direkatkan dengan selai kacang merah. Yummy!

4. Sushi
Sushi ini merupakan nasi yang dibentuk bersama lauk berupa makanan laut, daging, dan sayuran. Nasinya mempunyai rasa masam yang lembut karena dibumbui campuran cuka beras, garam, dan gula.

5. Sashimi
Masyarakat Jepang biasa memakan makanan yang berasal dari hewan-hewan laut ini dalam keadaan segar (read: mentah) dengan ditambah kecap asin, parutan jahe, dan washabi. Hewan-hewan itu antara lain kerang, ikan, ataupun udang karang. Ada 3 jenis sashimi, yaitu:
  • Tsugatazukuri
Potongan-potongan ikan disusun di atas tubuh ikan yang dipertahankan bentuknya mulai dari bagian kepala hingga ekor. Sashimi jenis ini kebanyakan hanya dinikmati pada kesempatan istimewa.
  • Ikezukuri
Tsugatazukuri dengan ikan hidup yang dijadikan sashimi hanya beberapa saat sebelum dihidangkan.
  • Tataki
Potongan ikan yang digarang untuk beberapa saat di atas api sehingga terlihat matang di bagian luar, segar di bagian dalam. Tataki ikan cakalang (Katsuo) dimakan bersama saus Ponzu, parutan bawang putih dan irisan daun bawang. (id.wikipedia.org)

6. Teriyaki
Bahan yang sering dipakai dalam membuat teriyaki adalah ikan salmon, tongkol, mackarel, trout, ataupun marlin. Cara makannya adalah dengan memanggangnya dan mencelupkannya ke saus teriyaki beberapa kali.

7. Yakiniku
Kalau kalian pernah membaca Crayon Shinchan, pasti pernah sekilas membaca nama makanan ini. Yap, yakiniku. Makanan ini dalam arti luas merupakan masakan daging yang dipanggang, sesperti daging sapi, babi, ataupun jeroan.

8. Takoyaki
Makanan yang biasanya dijual di pinggir-pinggir jalan sebagai makanan cemilan. Takoyaki ini berbahan dasar tepung terigu yang biasanya diisi dengan gurita. Mungkin, semacam roti isi, gitu kali, ya. Hehe....

9. Mochi
Aku pernah membaca kata mochi ini di salah satu serial komik di Jepang. Kebetulan, aku juga pernah dikasih oleh tetanggaku. Tapi, lupa rasanya karena dulu aku tidak terlalu menikmatinya. Haddeeh -_-". 
Kue ini berasal dari beras ketan yang ditumbuk hingga lembut kemudian dibentuk bulatan kecil-kecil.

10. Onigiri
Ingat onigiri, jadi ingat Masao si Nasi Kepal. Masao itu adalah salah satu tokoh di Crayon Shinchan yang memiliki kepala seperti onigiri. Hehe....
Onigiri itu adalah nasi yang ketika hangat dibentuk kepalan menjadi segitiga, bulat, atau seperti karung beras dan diisi ikan atau umeboshi. Biasanya, sih, Shinchan sering makan onigiri dengan ditambah garam, rumput laut, ataupun memasukkan chocobi ke dalamnya.

***

Uwah.... Jadi tidak sabar ingin segera ke Jepang untuk mencicipi semua makanan khas sana. Hihihi.... By the way, jadi lapar, nih. Ada yang mau beliin aku makanan, gag? -____-

Suka tulisan ini? Bagikan :


Hai, terimakasih atas kunjungannya di nenghepi.blogspot.com ^^. Silakan copas artikel "10 Makanan Enak di Jepang" ini bila bermanfaat bagi Anda dan teman-teman Anda. Namun, jangan lupa untuk tetap meletakkan link: http://nenghepi.blogspot.com/2012/04/10-makanan-enak-di-jepang.html.
Ikuti : | RSS | FACEBOOK | GOOGLE

44 Comments:

  1. duh si hepi bikin laper aja sih :D
    tapi makanan jepang sudah banyak tuh di jakarta, jadi nggak perlu ke jepang hehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, juga, sih..
      Tapi, di Probolinggo masih sulit banget nyarinya..
      Aku malah blm pernah nemu -___-""

      Hapus
  2. postingan yang sangat menarik dan bermanfaat,,terus menulis,,karena dengan menulis kita bisa mengembangkan imajinasi kita dan menjadikan kita lebih kretaif ^_^

    salam kenal
    kalau berkenan silahkan mampir ke EPICENTRUM
    folloback juga ya buat nambah temen sesama blooger,,tukeran link juga boleh,,makasih..^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih :)
      Bener banget, tuh..

      Em, ya, salam kenal juga, ya *salim*

      Hapus
  3. *salim* juga..
    iya menulis itu melatih otak utk kreatif..

    jgn lupa polbek ya,hehe..:p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hem iya ^^
      Bentar bentar..
      Mas gag follow aku, gitu :P

      Hapus
  4. aye kaga suke makanan begonoan Neng, aye lebih demen masakan emak.maklum dah lidah orang ndeso...hahahhaaa :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi.. Bener banget, Mbak..
      Aku blm nyobain makanan2 itu, tapi pengen banget nyoba :D

      Hapus
  5. wuihh..
    ada makanan terlarang di Jepang, yaitu sabu-sabu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi..
      Iy iy.. Klo di negara kita, shabu2 tuh terlarang, ya >.<

      Hapus
  6. pengen nyobain dorayakiii :9 keliatannya enak tuh. doraemon aja sampe tergila-gila dengan itu...

    pernah nyobain mochi :| sempet beli online, tapi ga suka. ga cocok sama lidah kayaknya. makan dikit masih lumayan. tp pas udah lumayan, incip 3 lebih mochinya jadi eneg :/ hho

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh, gitu, ya..
      Emang ada yg jual online??
      Aduh, jadi pengen beli makanan jepang online, ni >.<
      Teriyaki apa ada yg jual online, ya >.<

      Hapus
    2. ada kok, kakak :D
      coba searching aja di google. klo aku sih belinya di kaskus :p

      kalo teriyaki kayaknya ga ada deh --'
      hhi lidahku sepertinya cuma cocok menyicip cokelat jepang aja :9 #eh sayang ini title nya makanan enak di jepang, bukan snack enak di jepang :P

      Hapus
    3. Ih, makan coklat jepang kok gag bagi2, sih..
      Mupeng, deh, aku :P..

      Ow, iya iya..
      Gag kepikiran nyari infonya di google n kaskus..
      Makasih infonya, ya, Selvi ^^

      Hapus
    4. Sekarang hanya tersisa bungkusnya.
      Mau? hha

      iya iya sama sma, kak hepi *loh
      ntar kalo beli, jangan lupa kirimkan juga ke sini yaaa :P dapet gratisan lumayan tuh.

      Hapus
    5. Hwahaha..
      Iya iya..
      Ntar aku beliin di Jepang *AMIIIN YA ROBB*, trus kmu aku kirimin, deh.. ^^

      Hapus
  7. Balasan
    1. Knap, Mbak??

      Aku nggak pernah makan oden malahan :'(

      Hapus
  8. shabu-shabu..kirain sarapan bubur or si narkose..salah dong, ..banyak banget makanannya ya..menggugah selera :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Narkose??
      Siapa itu, ya??

      Hehe.. Nama makanannya serupa kayak konsumsi terlarang di negara kita, ya :)

      Hapus
  9. dorayaki kayaknya enak itu ..
    udah pake madu, direkatin pake kacang merah ..
    AHhhhh ..
    waduh,
    penasaran juga sama makanan jepang yang laen ..
    jadi laper gue ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aihh..
      Iy, Ey, kayaknya dorayaki tuh enak bange..
      Nanti klo aku ke Jepang *AMIIIN*, aku kasih oleh2nya, deh..
      Hehe.

      Hapus
  10. jadi pengen makan..!, salam kenal ya.., kunjungan perdana.., folbek ya trims.. *smile

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, kita sama, ni..
      Aku juga jadi pengen makan >.<

      Iya, salam kenal juga, ya *salim* ^^

      Hapus
  11. aduhh, kalo ada yg mau netaktir sekarang, boleh kok kita langsung berangkat, hihiy, Laperrrr :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hwahaha..
      Klo gitu, sih, aku juga mau >.<

      Hapus
  12. dr semua jenis di atas yg saya tahu baru sashimi. Selain yg disebutin, saya tahu hau kau, ebi chakin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hau Kan dan Ebi Chakin?
      Uwah, nama makanannya aneh, ya..
      Makasih infonya, Mbak Kidung :D

      Hapus
  13. aku kapok makan takoyaki hiks
    guritanya bikin muaaaaaaaaaaaaal T______T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uwah, enaknya udah pernah nyobain takoyaki..
      Pengen nyobak juga..
      Jual online ada gag, ya >.<

      Hapus
  14. kalo aku pagi sabu ... sarapan bubur hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hwahaha..
      Itu kyk lagu dangdut jaman dulu, ya >.<

      Hapus
  15. mhocinya ke'nya enak deah mhoci yg dibeli di kota ku jga enak soalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uwahh..
      Enak di kotanya ada yg jualan mochi, ya..
      Mupeng >.<

      Hapus
  16. Hmm, kapan, yah, saya bisa beli makanan Jepang? Kayaknya enak banget, deh. :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener bener..
      Kayaknya emang enak smua, ya >.<

      Hapus
  17. Balasan
    1. Aku pengen nyobain smuanya, Mas ^^
      Hihihi...

      Hapus
  18. waw. kapan kapan ke jepang ah buat nyobain masakan itu semua langsung dari negeri asalnya (ngimpi,wkwkwk)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayokk, Mbak..
      Aku juga mo ke Jepang *ngimpi bareng2* :D

      Hapus
  19. wah... aku pengen nyobain semuanya, tapi sayangnya di sini susah untuk di temukan... hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak..
      Bener bener..
      Pengen nyobain smua >.<

      Hapus

Berkomentarlah sesuai dengan topik yang dibahas. Boleh lah menyisipkan link blog (bukan link aktif) di sela-sela komentar, tapi dimohon bukan link iklan.

Terimakasih atas kunjungan dan segala apresiasinya. Selamat berkarya :)