Tips Memilih Spesifikasi dan Membeli Laptop

By Jumat, April 16, 2021 , ,

Tips Memilih Spesifikasi dan Membeli Laptop

Hi, Guys. Sedikit share tentang bagaimana aku mencari referensi laptop baru low budget dengan spesifikasi yang sesuai kebutuhan. Dari pengalamanku kemarin, aku baru sadar untuk masalah elektronik, memang lebih baik beli dengan tujuan jangka panjang karena harga jual bakal jatuh banget dibandingkan harga beli. Eh kenapa aku baru nyadar? Karena selama ini, aku ga pernah beli elektronik☺Haha. 

Tips memilih spesifikasi laptop (office daily use):

1. Pilihlah sesuai kebutuhan. 
Ketahui dulu apa tujuan beli laptop, apakah untuk daily use yang cukup pakai ms office, aplikasi ilustrasi, game, etc. Mengetahui tujuan dan kebutuhanmu, akan lebih mudah mengkrucutkan spesifikasi laptop yang akan kamu cari.

2. Ketahui budget. 
Setelah dikerucutkan, aku baru menyesuaikannya dengan budget. Di sini, kebutuhanku lebih ke daily use in office work (ms office standar), aplikasi ilustrasi dasar (adobe photoshop), dan zoom, dengan budget di bawah 6jt-an. Usahakan jangan membeli laptop di luar budget kalau memang keperluanmu dirasa sudah dapat terakomodir dengan budget yang dimiliki.

3. Cari review yang banyak di youtube dengan banyak sumber.
Aku sangat terbantu dari channel : Jagat Review, sih, karena penjelasannya detail dan informasi yang aku cari, terseria di channel tersebut.

Spesifikasi dasar yang disaranin dari Jagat Review (dan beberapa sumber lain):
- Storage : ssd, hindari hdd;
- Ram : min 4gb, usahakan yang bisa upgrade;
- Processor : minimal core base celeron, cari yang tipe belakangnya ada U (misal amd 300su);
- Layar : full hd 1920x1080 pixel;
- Tipe layar : ips;
- Grafis : gpu rtx, geforce gtx, lebih direkomendasikan: nvidia;
- Konektivitas : wifi ac, wifi 5, ax, wifi 6;

Dengan budget di bawah 6jt, tentunya bakal sulit buat mendapatkan semua spesifikasi tersebut. Jadi, aku lebih concern buat cari berdasarkan storage (ssd), ram minimal 4gb, dan processor minimal celeron. Tiga hal tersebut, sudah dinilai cukup cepat dalam memproses data sehari-hari. Jika kebutuhanmu lebih kompleks dari sekedar mengetik dan mengolah data, ada baiknya kamu sisihkan sedikit lagi dana untuk membeli spek yang lebih tinggi.

4. Deskripsikan fisik laptop yang kamu inginkan. 
Apakah berbentuk notebook, ukuran layar laptop berapa inch, tersedia dvd room atau tidak, slot yang dibutuhkan, bisa dibentuk tab, touchscreen, dll.

Mendeskripsikan bentuk fisik laptop adalah hal penting buatku, termasuk memilih warna, model, ukuran, dan guratan (pola case) di fisik laptop. Sebenernya, aku lebih menginginkan ukuran notebook karena lebih fleksibel dibawa kemana-mana, hanya saja kurang nyaman untuk dipakai membuat ilustrasi. 

Jadilah, aku mencari laptop dengan ukuran layar yang lebih luas dan bisa dirotasi sampai 180derajat, agar tidak mudah patah. Untuk touchscreen, sebenernya love-hate karena pengen banget bisa punya laptop buat gambar pakai pen tools, tapi untuk saat ini sepertinya belum terlalu urgent

5. Jika kamu sangat awam dengan tekno, ada baiknya membeli secara offline dibandingkan online. 

Ini preferensiku aja, sih, sebab pada pengalamanku kemarin, beberapa barang yang direview baik dan sesuai budgetku, sudah tidak tersedia di offline store karena sudah tidak produksi. Harga offline store memang relatif lebih mahal, tapi aku merasa lebih lega kalau bisa memegangnya secara fisik, serta bisa melihat dan membandingkan dengan preferensi laptop lain.


Mencari laptop ini susah-susah gampang, ditambah karena selama ini aku gak pernah ikut andil mencari spek untuk laptop-laptopku sebelumnya. Hehe.

Kendala selama mencari laptop kali ini adalah informasi laptop rekomendasi (yang sesuai dengan spesifikasi dan budget) dari review youtube, sudah tidak dijual di offline store (mall Ambassador, Kuningan) sejak tahun lalu. Jadi, aku harus mencari beberapa tipe cadangan dengan spesifikasi yang masih dalam kriteriaku.

Dari kelima tips di atas, yang jadi pedoman needs utamaku adalah point 1, 2, dan 3. Sedangkan untuk 4 dan 5 adalah wants yang bersifat optional semata✌. Yap, demikian, untuk ukuran office daily use, ternyata masih sangat bisa dijangkau dengan harga laptop di bawah RP 6jt. Semoga hasil perburuan laptop kali ini tepat dan awet hingga 10 tahun mendatang.

You Might Also Like

0 Comments

Terimakasih atas kunjungan dan segala apresiasinya. Silakan tinggalkan pesan di kolom komentar jika memang ada yang perlu didiskusikan ^ ^

Jika memerlukan informasi urgent, boleh sapa saya di email karena saya cukup aktif pula di sana :).

Disclaimer

Blog ini tidak merepresentasikan instansi tempat dimana penulis mengabdi, karena mayoritas konten adalah hasil kolaborasi dengan manusia-manusia baik hati :). Penulis tidak bertanggungjawab jika terdapat tulisan mengatasnamakan penulis (alias copas) di luar blog ini dan ini.
Blogger Perempuan