People Learn from...

By Jumat, Juni 16, 2017

People Learn from...
People Learn from...
Katanya, hidup itu tentang belajar.
Belajar arti kata hidup.
Belajar tentang bagaimana bertahan hidup.

Aku, saat inipun begitu. Belajar dari kehidupan yang lalu. Dari kesalahan. Walaupun mungkin tentu saja banyak kesalahan yang masih kuulang berkali-kali.

Tentang kesalahan, beberapa hal rasanya bisa saja aku maafkan dengan mudah. Lainnya, terkikis ego dan tetap tertanam dengan baik. Belum berubah.

Ketika kembali melihat untaian kesalahan masa lalu, rasanya ingin mengulang. Mengatakan penyesalan, namun percuma.

Jika seandainya bisa terulang, tentu manusia, termasuk aku tak akan ada kesalahan. Hidup penuh kebenaran. Datar, namun sangat teratur. Aku tak begitu.

Tentang beberapa kesalahan yang hingga kini kusesali, bukan karena mengenalnya. Tapi tentang kesalahan bersikapku padanya. Aku tak dapat mengulang.

Berpijak pada kakiku sekarang dan siap mengatakan dengan rendah, "Aku masih berharap".

Kini aku tahu arti tentang belajar dari kehidupan. Lewatnya, aku belajar banyak. Tentang hidup, penyesalan, dan arti kebijaksanaan.

Semoga Tuhan lewatkan segala harap dalam angin yang berhembus malam ini. Amin.



---

Credit: Alanis Nicole

You Might Also Like

0 Comments

Terimakasih atas kunjungan dan segala apresiasinya. Silakan tinggalkan pesan di kolom komentar jika memang ada yang perlu didiskusikan ^ ^

Jika memerlukan informasi urgent, boleh sapa saya di email karena saya cukup aktif pula di sana :).

Disclaimer

Blog ini tidak merepresentasikan instansi tempat dimana penulis mengabdi, karena mayoritas konten adalah hasil kolaborasi dengan manusia-manusia baik hati :). Penulis tidak bertanggungjawab jika terdapat tulisan mengatasnamakan penulis (alias copas) di luar blog ini dan ini.
Blogger Perempuan