Garda Mobile Medcare : Aplikasi Mobile untuk Pola Hidup Sehat dan Akses Layanan Kesehatan

By Minggu, Juni 19, 2016 ,

Assalamualaikum. Kali ini, saya ingin sharing santai, melupakan sejenak GUI Matlab dan skripsi yang (seakan) menjelma sebagai kekasih hati. Haha. Oh, ya, berbicara tentang skripsi dan segala aktivitas mahasiswa tingkat akhir, salah satu yang menjadi pembicaraan adalah ‘loh kamu kurusan’, ‘kok tambah gendut’, ‘udah punya pendamping wisuda?’, atau ‘wisuda tahun ini, kan?’. Dan segala pertanyaan yang terkadang lebih enak dijawab dengan senyuman :v

Well, memang benar adanya, kalau sebagai mahasiswa tingkat akhir, kondisi tubuh tidak bisa diprediksi. Ada yang bilang, ketika stress, berat badan bisa drastis turun atau malah bertambah naik. Parahnya, saya adalah tipe makhluk yang kalau tertekan bisa menambah angka timbangan. Sebenarnya, sudah niat diet juga, sih, tapi apa daya -___-"

***

Jadi, iseng-iseng download aplikasi Garda Mobile Medcare yang merupakan salah satu aplikasi milik Asuransi Astra dan, sepertinya, dapat membantu pola hidup saya --yang mulai kurang teratur--. Secara tampilan user interface-nya terbilang friendly, mudah digunakan, dan memiliki fasilitas yang memang helpful. Review yang saya berikan selanjutnya adalah penilaian pribadi, ya, jadi mungkin akan ada perbedaan pendapat di antara kita. Hehe.

Menu di Home : untuk Kamu yang Butuh Pengontrol Kesehatan

Garda Mobile Medcare : Home
Menu pada Halaman Home

Oke, saya mulai dari halaman Home. Di sini, pengguna disuguhkan setidaknya 9 fitur yang untuk saat ini, cocok bagi saya. Dari yang pertama sendiri adalah Reminder. Setelah saya perhatikan, layanan ini mencakup 3 fitur lainnya, yaitu Wellness, Medical Control, dan Medications. Sehingga, ketika saya meletakkan reminder di ketiga layanan tersebut, otomatis data pengingatnya masuk di layanan Reminder.

Wellness adalah pengingat untuk latihan fisik atau berkaitan dengan kebugaran, seperti dancing, water polo, spa, aerobic, dan sebangsanya. Medical control digunakan sebagai pengingat untuk cek kesehatan rutin. Sedangkan, Medications merupakan pengingat untuk minum obat. Semuanya dapat diatur mulai dari pengulangan setiap sebulan sekali ataupun setiap hari. Selain itu, layanan ini memiliki alarm dan ini tentu saja bisa mengurangi menumpuknya pengingat di SPlanner saya :D

Fitur Reminder cocok untuk kamu yang memiliki jadwal rutin yang berhubungan dengan kesehatan. Seperti, konsumsi obat, cek kesehatan, ataupun workout. Alarm membuat fitur ini recommended sebagai pengingat digital. Jadi, jangan beralasan kejombloan membuatmu lupa dengan jadwal kesehatanmu, ya!  

Selain itu, ada fitur lain berupa Symptoms yang dapat mencatat gejala atau keluhan kesehatan, Call Garda Akses yang memudahkan pengguna menghubungi Garda Akses, ataupun Garda Medika untuk memudahkan pengguna mendaftar sebagai konsumen Garda Medika. Dari artikel yang saya baca, jika terdaftar sebagai konsumen Garda Medika, akan banyak keuntungan yang didapat, salah satunya adalah potongan harga. Di bawah ini adalah tampilan menu pada halaman Home :
Garda Mobile Medcare : Home
Tampilan Menu pada Home

Daily Activity : Targetkan Pola Hidup Sehat dalam Keseharianmu

Garda Mobile Medcare : Daily Life
Halaman Menu dari Daily Life

Fitur selanjutnya dari halaman Home adalah Daily Activity yang cocok untuk mengontrol pola hidup sehari-hari. Fitur ini tentu perlu bagi mereka (termasuk saya) yang ingin memulai hidup sehat. Di sini ada 6 sub-fitur, yaitu Food, Body Weight, Glass of Water, Cup of Coffee, Cup of Tea, dan Sleep.

Food adalah fitur untuk mengontrol makanan sehari-hari. Sebenarnya, kurang paham juga fungsi untuk fitur ini, sih. Mungkin, seperti daily food gitu, mungkin, ya. Body Weight adalah fitur yang paling saya suka karena apa, karena dari fitur ini saya tahu if I am a normal girl, not fat girl :v. Lol. Ini semacam aplikasi untuk menghitung BMI (Body Mass Index) dan cocok untuk yang ingin diet (like me). Glass of Water, Cup of Coffee, dan Cup of Tea, adalah fitur yang menurut saya serupa, hanya berbeda di jenis konsumsi airnya. Sedangkan, Sleep dapat digunakan untuk mengetahui apakah tidur kita seimbang ataukah terbilang berlebihan.

Oh, ya, di fitur ini juga bisa diatur target yang ingin kamu capai dan bagaimana kondisi kamu sekarang. Sebagai contoh, di gambar bawah bagian kiri, saya mengatur target minum air putih adalah 7 gelas dan di gambar sebelahnya merupakan konsumsi air putih saya dalam hari tersebut, yaitu masih 1 gelas.

Garda Mobile Medcare : Daily Life
Tampilan Pengaturan Target dan Pencatat Kondisi Sehari-Hari

Fitur Daily Activity ini pastinya mempermudah kamu untuk membiasakan diri dengan pola hidup sehat. Jadi, sudahkah kamu membuat checklist untuk pola hidup sehat hari ini? 

Nah, di bawah ini adalah tampilan awal yang bisa dilihat dari halaman Daily Activity :
Garda Mobile Medcare : Daily Life
Tampilan Menu Daily Life

Near Me : Cari Tempat Layanan Kesehatan di Sekitarmu 

Garda Mobile Medcare : Near Me
Menu pada Halaman Near Me

Beralih ke halaman lain, ada halaman Near Me yang menampilkan lokasi rumah sakit, laboratorium, toko obat, gymnasium, dan optic terdekat berdasarkan lokasi saat ini. Ingat, jangan lupa menyalakan GPS agar aplikasi dapat mencari dimana current location dan mencocokkan jalan terdekat menuju lokasi yang dituju.

Hal yang membuat saya amazed dengan fitur Near Me adalah adanya database tempat pelayanan kesehatan di daerah saya. Awalnya, saya kira hanya dapat melayani daerah kota besar, seperti Surabaya ataupun Jakarta. Nyatanya, daerah saya yang kadang orang baru ngeh ketika menyebutkan ‘Gunung Bromo’-pun telah terdata di aplikasi ini. Two tumbs up!


Garda Mobile Medcare : Near Me
Database Lokasi yang Sudah Menjangkau ke Luar Ibu Kota
Fitur Near Me ini memang tidak selalu dapat digunakan. Tapi, percayalah, ketika keadaan urgent dan sedang di daerah yang kamu kurang kenali, kamu bisa mencoba mengandalkan fitur ini. Sedia payung sebelum hujan, bukanlah hal yang buruk :)

Dan inilah tampilan halaman Near Me pada aplikasi tersebut :

Garda Mobile Medcare : Near Me
Tampilan Menu Near Me

Knowledge : Tambah Pengetahuan Kesehatanmu dengan Sentuhan Jari

Garda Mobile Medcare : Knowledge
Tampilan Halaman Knowledge

Di aplikasi ini, pengguna juga tidak hanya mendapatkan pelayanan saja. Dengan halaman Knowledge, saya dapat membaca informasi seputar kesehatan. Saya bilang, sih, lumayan banyak informasi baru, bagi saya yang sangat awam dengan dunia kesehatan. Salah satu yang saya baca berjudul ‘5 Nutrisi Penghancur Lemak’.

Bagi kamu yang ingin diet, cobalah untuk memperbanyak konsumsi vitamin D karena dapat membantuk untuk memastikan sel tubuh meresap insulin yang akan membantu pembakaran glukosa menjadi energy. Kurangnya vitamin D, salah satunya ditandai ketidaktahuan tubuh ketika lambung sudah kenyang dan ini mengakibatkan kita terus menerus makan. -Garda Mobile MedCare-

Sedikit Saran untuk Garda Mobile Medcare

Well, sejauh ini saya menilai bahwa hampir semua fitur yang ada di aplikasi ini berguna, baik untuk mengontrol kesehatan sehari-hari, reminder untuk jadwal cek kesehatan, ataupun bagi yang ingin menambah ilmu tentang kesehatan.

Namun, untuk artikel di fitur Knowledge, dari segi penulisannya tidak ada jarak antar paragraph, bagi saya, ini sedikit melelahkan :(. Semoga ke depannya ada perbaikan dari segi penulisan artikel :)

[Trick] Aplikasi ini juga dapat dimanfaatkan bagi pengguna yang kurang paham Bahasa Inggris. Namun, pengaturan bahasa tidak terdapat dalam aplikasi. Bahasa dalam aplikasi ini mengikuti bahasa utama mobile phone, jadi kalau ingin mengubah bahasanya, aturlah bahasa mobile phone ke bahasa yang cocok denganmu ^ ^

Overall, dilihat segi fiturnya yang useful dan tampilan yang user friendly, dari range 1 hingga 10, saya memberi nilai untuk aplikasi ini 9. Penasaran dengan aplikasi ini? Coba deh download di App Store atau Play Store. Kalau kamu bilang aplikasi ini cocok buat kamu, berarti kita sehati. Akankah itu berarti kita jodoh? Lol.

***

Oke, sekian tulisan saya kali ini dan kembali ke lembaran ayat cinta :D. Selamat berpuasa, guys! Hidup sehat bisa berawal dari sentuhan jari, tekad yang kuat, dan tunggu apa lagi?  #gardamobile #medcare

You Might Also Like

8 Comments

  1. Menarik neng tulisannya. Iya juga ya, belum ada pilihan ganti bahasanya :D

    Mampir ke artikel saya juga yaa ;)
    http://www.juniawanarif.com/2016/06/garda-mobile-medcare-untuk-gaya-hidup-sehat-masa-kini/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, ini aplikasinya ngikut bahasa bawaan dr hp gitu.

      Wah,sesama peserta ya. Saya kunjung balik mas. Thanks kunjungannya~

      Hapus
  2. Mahasiswa tingkat akhir rawan stress Neng, jangan di tambahin sama masalah hati yah hehe, Ngemeng2... Gua mau bilang cocok aja aplikasi nya sama gua, biar jodoh ckck

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha. Ketambahan masalah hati klo ditanya 'kapan nikah', mas -,-

      Haha. Jodoh :v

      Hapus
  3. Sukses selalu mbak Happy.. kunjung balik yah http://www.kangmasroer.com/2016/06/garda-mobile-medcare.html

    BalasHapus
  4. Aplikasi ini emang membantu banget buat pantau kesehatan kita, aku udah mencobanya dan keren banget. Buat yang belum unduh wajib unduh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, setuju mas. Memang recommended untuk pengingat kesehatan ya, mas :)

      Hapus

Terimakasih atas kunjungan dan segala apresiasinya. Silakan tinggalkan pesan di kolom komentar jika memang ada yang perlu didiskusikan ^ ^

Jika memerlukan informasi urgent, boleh sapa saya di email karena saya cukup aktif pula di sana :).

Disclaimer

Blog ini tidak merepresentasikan instansi tempat dimana penulis mengabdi, karena mayoritas konten adalah hasil kolaborasi dengan manusia-manusia baik hati :). Penulis tidak bertanggungjawab jika terdapat tulisan mengatasnamakan penulis (alias copas) di luar blog ini dan ini.
Blogger Perempuan