By Kamis, Januari 22, 2015 , , , , ,

Assalamualaikum.

Pada tanggal 17-18 Januari 2015 lalu, saya dan 7 teman saya memutuskan untuk menghabiskan liburan di Malang Selatan. Destinasi kami adalah Pantai Lenggoksono, Pulau Bolu Bolu, dan Air Terjun Banyu Anjlok. Perjalanan dari Surabaya hingga tempat tujuan, membutuhkan waktu sekitar 9 jam perjalanan. Ini termasuk waktu kalau berhenti bertanya ataupun beristirahat.

Saya berangkat bersama 7 teman D4TB, mereka adalah Made Adi Surya (IMA), Dita Vernanda (Dita), Febri Isaini (Peppy), Choirul Rizal (Rijal), Mohammad Bastomy (Tomy), Adam Surya (Adam), dan Lina Khoi (Lina). Kami memang menyengaja berangkat dengan anggota genap, mengingat medan yang jauh, perlu kekuatan pria, dan dukungan wanita untuk diajak mengobrol. Sebenarnya, Haris Hidayatullah dan Yunira Kusuma juga berencana ikut, tapi gagal ikut karena suatu alasan -___-".

Jadilah, kami berangkat berdelapan dari rumah Made di Puri Mas, Surabaya. Sekitar pukul 05.00 WIB dengan kondisi cuaca Surabaya yang cerah, kami menaiki 4 sepeda motor menuju Malang Selatan. Dari Malang kota, kami menuju Dampit, lalu ke arah Pantai Lenggoksono. Perjalanan menuju Pantai Lenggoksono terbilang mulus, awalnya. Namun, ketika sudah mulai mendekati pantai, jalan mulai berlubang dengan banyaknya tanjakan dan turunan. Bagi Bastomy, yang membawa sepeda matic, dia perlu melakukan kuda-kuda dari jauh untuk bisa menaiki tanjakan.

Trip to Pantai Lenggoksono - Bolu Bolu - Banyu Anjlok, Malang
Surabaya - Pantai Lenggoksono (via googlemaps)
Selama perjalanan, kami hanya beristirahat tiga kali. Pertama, menunggu Rizal dan Febri karena ban mereka bocor. Kedua, masih menunggu mereka untuk mengambil tongsis di rumah Ratih Prima. Ketiga, berhenti di tembel ban di daerah Dampit karena ban motor milik Bastomy bocor. Di pemberhentian ketiga ini pula, kami memutuskan untuk membeli secangkir kopi. Kalau saya lihat, warung-warung di daerah Dampit ini terbilang sedikit. Kalau untuk beristirahat sejenak, ya okelah, tapi untuk mengisi perut, saya sarankan untuk mengisi perut di daerah Malang (sebelum masuk Dampit).

Pantai Lenggoksono

Pantai Lenggoksono terlihat sangat indah dari jejauhan. Masih dikelilingi oleh lingkungan yang sangat hijau. Kalau dimisalkan, pantai Lenggoksono ini seperti danau di tengah pegunungan. Setibanya di Pantai Lenggoksono, ternyata berbeda dari bayangan kami. Pantai ini terlihat biasa, hampir sama dengan pantai-pantai lainnya.

Pantai ini adalah tempat parkir umum bagi para pelancong. Ada beberapa pondok yang menjual makanan ataupun minuman. Di sinilah tempat tawar menawar antara pelancong dan nelayan yang akan mengantar ke destinasi selanjutnya.

Ternyata pesona Pantai Lenggoksono justru bukan di pantai ini. Kami memutuskan untuk menyeberang ke Pulau Bolu Bolu dengan menyewa kapal, seharga Rp 50.000,-/ pp . Sebenarnya, kami bisa memilih untuk berkendara motor ke sana, tapi kami memilih naik kapal. Pertimbangannya, jika sewa kapal, maka destinasi yang dapat dituju adalah : Pantai Bolu Bolu, snorkling, dan Banyu Anjlok. Sedangkan jika berkendara motor, menurut nelayannya, tidak dapat menikmati wisata snorkeling.

Tim Hore Side B
Oh, ya, kalau nelayan minta di atas Rp 50.000,-, cobalah untuk menawar lebih murah. Dari beberapa blog, harga normalnya adalah Rp 50.000,- (Januari 2015).

Pantai Bolu Bolu

Ahlan wa sahlan di Pantai Bolu Bolu :D
Pantai Bolu Bolu, Malang Selatan | nenghepi
Area camping di Pantai Bolu Bolu, Malang Selatan
Perjalanan naik kapal dari Pantai Lenggoksono ke Pantai Bolu Bolu memakan waktu sekitar 30 menit. Nah, di Pantai Bolu Bolu inilah kami memutuskan untuk mendirikan tenda dan menginap semalam. Di sana, kami berkenalan dengan Ira, anak kecil yang hidup di Pantai Bolu Bolu. Saran saya, ada baiknya untuk akrab dengan penduduk sana karena akan banyak keuntungan yang didapatkan. Kami mendapatkan beberapa kelapa muda gratis, ataupun jika ingin tambah es bisa membayar dengan harga Rp 3.000,-, beberapa jenis umbi, dan akses kamar mandi gratis. Kamar mandi di sana back to nature sekali. Kami mandinya berupa sungai kecil di pondok milik Ira. Bagi saya yang pertama kali mandi di sungai, sedikit risih, sih, tapi itu sangat menyenangkan. Sungguh!

Dita Vernanda si koordinator keren :v
Di area Pantai Bolu Bolu ini, ada setidaknya dua pondok milik penduduk setempat yang dengan senang hati menyewakan kamar mandi (re : sungai kecil) mereka untuk para pelancong. Pondok tersebut adalah milik keluarga Ira dan penduduk lainnya, yang memberi kami umbi-umbian. Pondoknya sangat sederhana yang berisi satu ruang, bersekat seadanya, dengan dua dipan tanpa kasur, dan tanpa listrik. Saya merasa sangat bersyukur dengan kehidupan saya sekarang :) Ternyata di luar sana, masih ada kehidupan yang masih di bawah saya :")

Tim Hore bersama Ira di depan kamping

Berkenalan dengan Ira, saya belajar tentang perjuangan untuk meraih pendidikan. Ira, yang nama lengkapnya Irawati Ayu Azhari ini, berkata :

"Saya perlu naik kapal setiap hari jika ingin bersekolah. Sekolah saya di SDN 2 Turen dengan uang jajan perhari Rp 2.000,-".

Miris -____-" . Bagi saya, uang Rp 2.000,- ini semacam 'bakal dapat apaan?' . Minuman di Surabaya saja, minimal Rp 1.500,- ataupun kalau mau cemilan, bisa beli keripik Rp 1.500,- .

Trip to Pantai Lenggoksono - Bolu Bolu - Banyu Anjlok, Malang
Tak ada mangkok, batok kelapa pun jadi mangkok mie kami :p
Malam hari di Pantai Bolu Bolu sangat indah. Menginap di sana dengan berbekal dua tenda, rasanya tidak rugi sama sekali. Kami melewati malam dengan membuat api unggun kecil-kecilan untuk membuat umbi bakar, memakan mie goreng dengan piring batok kelapa, menghidupkan kompor kecil sewaan untuk membuat kopi (bercampur laron) dan umbi rebus, serta bercerita panjang lebar ditemani Ira. Dari pesisir, gemuruh ombak Pantai Selatan memecah angin dengan rintikan gerimis malam. Syahdu sekali. Di samping tenda kami, ada beberapa tenda yang juga berdiri kokoh. Rasanya, mereka juga seumuran kami (re : mahasiswa).

Wisata Snorkeling

Wisata Snorkeling, Pantai Lenggoksono | nenghepi
Nikmatnya snorkeling (bagi yang bisa renang :") )
Pagi harinya, sekitar pukul 07.00 WIB, kapal menjemput kami dan mengantarkan kami ke destinasi selanjutnya, yaitu snorkeling. Di area snorkeling, kami menyewa 3 set perlengkapan snorkeling. Menurut nelayan yang membawa kapal kami, area tersebut memiliki kedalaman sekitar 7 m. Dari kapal saja, indahnya terumbu karang sudah terlihat samar-samar. Untuk harga 3 set perlengkapan, kami membayar total Rp 36.000,- (iuran 6 orang, sehingga per orang Rp 6.000,-). Nelayan tidak memberi kami batasan waktu, jadi kami bebas ber-snorkeling ria.

Pantai dan Air Terjun Banyu Anjlok

Setelah wisata snorkeling, kami diantarkan ke Pantai Banyu Anjlok. Pantai ini unik! Jika menghadap ke laut dengan posisi bersandar pada bebatuan, maka sebelah kiri saya adalah air terjun dan depan saya adalah hamparan laut Selatan. Perpaduan air tawar dan air asin yang indah sekali. Sayangnya, saya masuk angin dan memutuskan untuk tidak ikut bermain ombak. Tapi, menurut Dita, pasir di Banyu Anjlok ini lebih halus daripada di Pantai Bolu Bolu. Selain itu, pantainya dangkal sekali. Jadi, untuk mencari ombak tinggi dan berjalan sampai tengahpun, masih bisa dijangkau dengan berjalan kaki. Oh, ya, ombak di sini lebih besar daripada di Pantai Bolu Bolu.
Air Terjun Banyu Anjlok
Tim Hore

Tomy di salah satu sisi pantai Banyu Anjlok
Rijal dan Dita di salah satu sisi lain pantai Banyu Anjlok
Puas bermain ombak di Pantai Banyu Anjlok, kami diantarkan ke Pantai Lenggoksono. Di sini, kami berbersih diri dengan menyewa kamar mandi seharga Rp 2.000,-. Kemudian, kami memilih untuk makan bakso tepi pantai seharga Rp 10.000,- dan langsung pulang ke Surabaya.

Sedikit Pertimbangan Memilih Tempat Camping :D

Jika bingung ingin memilih tampat camping apakah di Bolu-Bolu atau di Banyu Anjlok, coba pertimbangkan hal berikut ini :).

Camping di Bolu-Bolu
(+) Tempat camping, menurut saya cenderung aman dan terdapat rumah penduduk.
(-) Di Bolu-Bolu, air yang tersedia berlimpah adalah air laut. Jika ingin mandi, berbasuh diri, ataupun sekedar mencari air tawar, sedikit kesulitan. Sebab, Anda harus menuju sungai kecil yang tersedia di belakang rumah warga. Itupun belum kalau antri dengan pengunjung lain.

Camping di Banyu Anjlok
(+) Di Banyu Anjlok tersedia banyak air tawar karena memang terdapat air terjun, walaupun juga terletak di pesisir pantai. Jika ingin mandi, okelah tinggal guyur badan saja :p
(-) Kalau saya pribadi, sedikit serem kalau lihat posisi tempat camping yang berada di sana. Pasalnya, tempat camping berdekatan dengan lokasi yang agak terjal :3. Kalau untuk rumah penduduk, saya kurang paham, soalnya saya hanya menghabiskan waktu sebentar saja di sana :p

***
Wisata kali ini sangat menyenangkan! Saya sangat bersyukur bisa menjadi bagian dari wisata alam ini. Berikut adalah pengeluaran yang kami keluarkan untuk kebutuhan camping per orang (tidak termasuk bensin) :

Keterangan
Pengeluaran
Nasting, kompor kecil, gas
Rp 16.000,-
Sewa 2 tenda
(peminjaman 5 hari :
Rp 40.000,-, dibagi 8 orang)
Rp 5.000,-
Sewa kapal (pulang-pergi)
Rp 50.000,-
3 set alat snorkeling
(3 set perlangkapan seharga Rp 36.000, dibagi 6 anak yang snorkeling)
Rp 6.000,-
Total
Rp 77.000,-

Bagi teman-teman yang ingin berwisata di Pantai Selatan ini, ada baiknya untuk tidak mencuci peralatan memasak dengan air laut yang langsung dibuang di laut. Jika ingin mencuci, bawalah air laut ke pantai dan mencucilah di sana. Konon katanya, ombak akan tinggi jika ada yang mencuci peralatan memasak di tepi pantai langsung.

Semoga referensi ini berguna bagi teman-teman yang ingin berwisata di daerah Malang Selatan. Untuk yang belum terlalu paham daerah, tidak perlu khawatir. Ada banyak tanda jalan yang terdapat di sepanjang jalan menuju Pantai Lenggoksono. Selain itu, penduduk lokal juga sangat ramah untuk dimintai informasi. Membawa gps juga akan sangat membantu untuk mencapai Dampit, walaupun lokasi Pantai Lenggoksono tidak terdeteksi gps :)

Selamat berlibur!

You Might Also Like

93 Comments

1. pacar saya yang diMalang ko' ngga pernah cerita tempat wisata Pantai lenggoksono ini ya..oo..mungkin si dia takut saya ngga mau balik lagi ke Sumedang kalau tau ada pantai seindah B0lu-bolu itu kali mah

Balasan
    1. Hehe. Ayo pacarnya di ajak ke sini, mas. Tempatnya memang terpencil sekali. Adik saya yang di sana, juga ndak tahu tentang pantai ini, mas :)

Hapus
  2. wah, udah liburan aja nih, mbak. :)

3. belum pernah kesini sebelumnya..mau donk kapan2 kesini...seperti murah banget pengeluarannya :)

Balasan
    1. Iya, mbak, terbilang murah untuk wisata alam yang keren. Tapi jalannya memang agak pedalaman mbak :))

4. foto underwaternya dong, penasaran nih :D

5. keren.. infonya cukup jelas..
    mau tanya, itu sewa tendanya di lokasi menyediakan atau sudah sewa sendiri dari rumah?

thanks :)

Balasan
    1. Terima kasih apresiasinya.
      Bawa dari rumah, mas :)

2. oiya mbak numpang tanya lagi

itu kira2 kapalnya muat brpa org dan ke pantai lenggoksononya ada biaya masuknya gk?

thanks
      maaf yah mbk ngerepotin :D

Hapus
    3. kalau kemarin, saya ber-8 itu dibagi 2 perahu. 1 perahu ada 4 orang+2 nelayan.

4. loh mbak tmenku kemarin kesana kok katanya nyewa perahu 360 rb ya?

5. kami kemarin ada 8 orang, dapet 2 perahu, masing2 peranak 50k. jadi 1 perahu harganya : 50x8/2=200k. Pinter2 nego aja mas :) hehe

Hapus
    6. ini dah termasuk anter jemput snorkling ke banyu anjlok ??

6. mas mas, sampean kan motoris... kalau pakai moda transportasi mobil jalannya bersahabat nggak atau tanjakannya gak ekstrim kan?

Balasan
    1. mobil bisa mas. di sana banyak juga pengunjung yang menggunakan mobil.
      saya 'mbak', mas :)

Hapus
  7. Sewa alat snorkelnya sudah termasuk fin atau tanpa fin?

Balasan
    1. Bismillah, semoga gag salah jawab :")
      Kemarin itu intinya alat snorkeling dapetnya kaki katak + selang pernapasan. Itu namanya fin bukan ya -__-"

Hapus
  8. sampeyan mbak hepi kost di TMB 72 ya ?

9. Mbak untuk naek motor jalannya kesana aman gak..?

10. mbak sewa tenda sehari 5ribu dimana mbak??

Balasan
    1. saya sewa di Surabaya, mas, ada kenalan soalnya :)

Hapus
  11. Mba'e... Mhn bantuan info jalur "ngeteng" angkutan umum dunk, dimulai dr sts malang ato surabaya. hrs ke terminal apa ato sewa mobil dimana... Kalo bisa lengkap sama kisarang harganya .. hehe. Terima ksh banyak sblmnya......

Balasan
    1. wah, maaf mas, saya kurang paham. bukan penduduk asli :")

Hapus
  12. Assalamualaikum neng hepi, kalo destinasinya ke banyu anjlok aja bisa ngga? ada rutenya sendiri apa sama aja? apa harus nginap/camping dsana? terus parkiran roda empat ada/aman? matur nuwun neng hepi, mohon pencerahannya

Balasan
    1. waalaikum salam. setau saya, kalau mau ke banyu anjlok saja, itu bisa mas. tapi naik motor. kalau mau naik kapal, berarti harus ke lenggoksono dulu. tidak harus menginap. insya allah aman mas parkirannya.

Hapus
  13. Klo ke banyu anjlok aja apa bisa dijangkau pke motor & tanpa harus bermalam di sana? Mohon pencerahannya yaa trims

14. Mas disana itu parkir sepedanya ada & aman gak?????
    Lalu sewa tenda Rp5000 itu dimana?????

15. Main ke pantai malang yang lain dong mbak..

1. Iya mas, pengennya ke Sempu. Tapi pengen ke Madura dulu, lah. Hehe

Hapus
    2. Ah sempu terlalu mainstream mbak.. coba ke parang sewu, atau pantai2 yang lain. Kalo ke malang lagi kabari mbak, kebetulan ane anak malang hehe

3. Wah boleh boleh nih kalau di tour guide-in :D
      Sip sip ^_^ Thanks infonya mas :)

Hapus
  16. Aq rencana mau berangkat sabtu malam besog ke pantai bolu2.,doain selamat pulang pergi ya

1. Amin, mbak, ditunggu ceritanya ^ ^ Happy holiday

Hapus
  17. Mbak,,senorkelingnya ap kudu yg bs renang??

Apa gk ad pelampungnya???thanks

Balasan
    1. Gag harus bisa renang, mbak. Yang penting bisa ngambang :D Pakek pelampung, mbak :)

18. Trimkasih infonya
    Bagus juga buat tambah pengetahuan
    Ane mw tanya nih sist kalo ngecamp d lenggoksono bisa ta?
    Trz malam buka ndak soalnya ane dari sby brangkatnya jam 5 sore
    Trimakasih buat responsnya

Balasan
    1. Camping di Lenggoksono sepertinya bisa mas, kurang tahu juga untuk waktunya.
      Tapi di Lenggoksono kurang bagus viewnya, mas. Hehe.

Hapus
  19. Mbak happy ke pantai lenggoksono itu melewati turen ya...
    Trims

Balasan
    1. Lupa mas. Iya sepertinya -__-" Maaf, mas :")

Hapus
  20. itu kondisi banyu anjlok pas musim penghujan ya?
    eh, kemarin barusan kesana, kondisi air banyu anjloknya gak sederas di foto ini.. :D

1. Iya mas. Waktu musim hujan itu :") Semaleman gerimis -__-

Hapus
  21. Makasiii mbaak. Buat refrensi liburan.

22. Mbak itu kapalnya cuman muat 4 org ta? Apa ada opsi lain?
    Maaf ya mbaa banyak tanya

Balasan
    1. Kami satu kapal berempat karena jumlah kami berdelapan, mbak. Sepertinya ada, tapi kurang paham juga. Hihi. Nuhun

Hapus
  23. itu sewa tenda dimana? apa di sana ada penyewaan tenda?

Balasan
    1. Saya sewa tenda di semacam mahetalah Surabaya, mbak. Kebetulan ada teman yang kenal dengan anak mahe :)

24. Nyimak..,mantaab :)
    Insyaallah tanggal 3agust aku mau ambsen k banyu anjlok:-D
    Yang mau gabung monggo

25. kak mau tanya sewa tendanya dan nasting dll dimana ? mohon dibantu jawab terima kasih :)

Balasan
    1. Tenda, saya sewa di mahetala Surabaya. Nasting dan kompor kecil, sewa di kakak kelas teman saya. Gas beli.

Hapus
  26. Sedikit saran aja, untuk perjalanan malam persiapkan kendaraannya dengan lampu kabut ya. kalau beruntung mungkin ada penduduk lokal yang bisa dijadikan guide seperti perjalanan saya 16/8/15 kemarin :D....
    Have a nice and safe trip...

Balasan
    1. Bang kalok mau langsung ke bolu bolu naik motor pas malem hari bisa gak?soalnya mau ngecamp di situ

Hapus
  27. jadi pingin kesana sepertinya lokasinya bagus..

28. Kak mau tanya,kalok langsung ke bolu bolu naik motor pas malem hari bisa gak?soalnya mau ngecamp di situ

Balasan
    1. Malam hari kemungkinan jalurnya rawan, mas. Karena berlubang dan jauh dari tambal ban (kalau ada apa-apa, sepertinya kesusahan).

Hapus
  29. Sabtu besok rencana mau ke pantai lenggoksono....
    Ada yg mau barengan gak nic.....

30. Gan untuk snorklingnya pagi apa bisa ? Dan perahu biasanya berangkat jam berapa kalau pagi

Balasan
    1. Bisa, mas. Wah kalau keberangkatannya, saya kurang tahu, mas :"

Hapus
  31. Mas harga kapal yg 50 rb apakah sudah termasuk alat snorkelnya?

Balasan
    1. Beda. Sudah saya cantumkan di tabel, kok ;)

Hapus
  32. parkirnya dimananya ya ? terus aman nggak ?

Balasan
    1. Saya parkir di Pantai Lenggoksono dan untuk keamananan, inshaAllah, aman mas :)

Hapus
  33. Menarik. Artikel yang bagus sekali. Salam kenal dari Rental Mobil Malang, http://rentalsewamobilmalangbatu.com/, Simpati 082141 555 123

34. Mbak, ke bolo2 n banyu anjlok medannya trekking gak? Klo ajak org tua kira2 gmn 😁

Balasan
    1. maaf, mbak, kalau yang dimaksud dengan trekking ini semacam pendakian, saya jawab tidak ada pendakian mbak :). medannya lumayan enak untuk wisata keluarga, termasuk, baik menggunakan sepeda motor ataupun mobil. Teman saya ke sana dengan sewa mobil dan parkir di lenggoksono, mbak :)

Hapus
  35. kalo mau ndirikan tenda, apa harus bayar biaya ground? kalo iya, brp?
    cz biasanya kalo camping2 kan ada juga tuh biaya ndirikan tenda

1. Kemarin saya ke sana, tidak ada penarikan biaya gitu, kok, mas ^ ^
      Eh, tapi kurang tahu kalau sekarang ya :"

36. Lengkap banget ceritanya
    Kereennn....
    Ditunggu liputannya ke pantai2 Madura...

1. Ah, oke siap, kak. Ini lagi ngumpulin duit pengen ke Gili labak XD

Hapus
  37. baru mudeng ternyata ada pantai bolu2 di lenggoksono, harus nyobain nih. :D trims ya ulasanya menarik

38. dear mau tanya, kalau pake mobil penumpang banyak misal elf atau hiace bisa tidak ya masuk ke area pantai lenggoksono sebelum menyebrang ke pantai lainnya.
    terima kasih

Balasan
    1. Hai, mbak. InshaAllah bisa, mbak. Nanti elfnya diparkirkan di Lenggoksono. Kemarin, teman ke sana sekelas nyewa mobil gitu :) Thanks for visitting.

Hapus
  39. assalamualaikum mbak ..
    numpang tanya mbak, perjalanan dari bolu-bolu ke banyu anjlok berapa menit ?
    trus pas mbak mau menuju ke banyu anjlok, tempat kemahnya diberesin dulu apa nggak ?
    atau sesudah dari banyu anjlok baru beres2 tempat kemahnya ?
    trima kasih :)

Balasan
    1. Waalaikum salam, mas. Kurang lebih 30 menitan sepertinya. Tidak makan waktu lama, mas. Kapalnya termasuk cepat dan kebetulan saat itu ombak juga sedang bersahabat :)

Tempat kemah pasti dibersihin dulu, mas. Hehe. Soalnya, dari bolu-bolu ke banyu anjlok gak balik bolu-bolu lagi ^ ^ Langsung balik Lenggoksono. Rute saya: Lenggoksono - Bolu-Bolu (kemah) - Snorkeling - Banyu Anjlok - Lenggoksono

40. Sewa tendanya dimana y Kok itu murah

Terimakasih atas kunjungan dan segala apresiasinya. Silakan tinggalkan pesan di kolom komentar jika memang ada yang perlu didiskusikan ^ ^

Jika memerlukan informasi urgent, boleh sapa saya di email karena saya cukup aktif pula di sana :).

Disclaimer

Blog ini tidak merepresentasikan instansi tempat dimana penulis mengabdi, karena mayoritas konten adalah hasil kolaborasi dengan manusia-manusia baik hati :). Penulis tidak bertanggungjawab jika terdapat tulisan mengatasnamakan penulis (alias copas) di luar blog ini dan ini.